Sukses

Prediksi PSS Sleman vs Bhayangkara FC: Ujian Konsistensi Super Elja

Jakarta PSS Slemankembali mendapatkan ujian dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019. Setelah mampu melewati tiga pertandingan awal dengan baik, konsistensi tim Elang Jawa diuji sang juara musim 2017, Bhayangkara FC, Jumat (21/6/2019) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga ini akan disiarkan Indosiar pukul 15/30 WIB.

Sebagai anak baru di kasta tertinggi, PSS Sleman cukup konsisten dengan menjaga hasil positif. Menang 3-1 atas Arema, serta menahan imbang Semen Padang dan Persipura Jayapura dengan skor 1-1, menjadi bukti tim besutan Seto Nurdiyantoro cukup stabil.

Hanya, menjelang duel sengit melawan The Guardian (julukan Bhayangkara FC), PSS kehilangan sejumlah pemain karena cedera.

Tiga pilar PSS dipastikan absen, yakni gelandang asal Brasil Guillerme Felipe de Castro atau Batata, bek senior Purwaka Yudi, dan gelandang Aries Sandi. 

Enam pemain lainnya juga dalam kondisi cedera. Mereka adalah Dave Mustaine, Ega Rizky, Ikhwan Ciptady, Gufron, Harris Tuharea, dan Nerius Alom. Keenam pemain ini masih punya kans tampil meski tidak sebesar pemain lainnya. 

Dengan situasi ini, pelatih Seto Nurdiyantoro dipastikan melakukan perubahan besar dalam memasang starting eleven. Penjaga gawang Try Hamdani Goentara atau Dhika Bayangkara, setelah kiper utama Ega Rizky dipastikan absen akibat cedera engkel.

Di posisi belakang, absennya Purwaka Yudi, membuat Seto akan memaksa Ikhawan Ciptady sebagai duet Alfonso De La Cruz sebagai duet stoper.

Brian Ferreria masih bertugas sebagai playmaker sekaligus pembagi bola di sektor tengah, untuk bahu membahu dengan Sidik Saimima, Wahyu Sukarta, dan Rangga Muslim. Trio lini depan bakal dipercayakan kepada Ricky Kambuaya, Kushedya Hari Yudo, dan ujung tombak Yevhen Bokhasvili.

"Tim medis masih merekomendasikan beberapa diantara mereka bisa bermain atau tidak. Tapi saya masih melihat bagaimana kondisinya sebelum pertandingan. Mudah-mudahan sudah bisa tampil," kata Seto.

Seto menyebut pemain lain memiliki potensi dan kesempatan yang sama untuk bergantian mengisi.

"Semoga pemain dalam jalur positif, motivasi yang tinggi setelah melakoni tiga laga sebelumnya. Walaupun kondisinya tidak 100 persen, akan tetap kami turunkan dengan rekomendasi dari tim medis," ujar pelatih PSS Sleman berusia 45 tahun ini. 

 

2 dari 3 halaman

Tren Positif Bhayangkara FC

Di kubu tim tamu, Bhayangkara FC bertekad melanjutkan perjalanan positif setelah menang 4-2 atas Barito Putra pada pekan sebelumnya.

Kemenangan tersebut melecut semangat Herman Dzumafo Epandi dkk. Pelatih Bhayangkara FC, Alfredo Vera meminta anak asuhnya untuk pantang meremehkan setiap lawan termasuk tim promosi PSS Sleman.

"Semua tim merata, seimbang, akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami maupun PSS. Penting bagi kami harus fokus dan bisa meredam PSS, kalau kami bisa menguasai permainan, akan menjadi mudah tentunya. Kami berusaha bermain bagus terlebih dahulu," ungkap Alfredo Vera.

Tidak adanya pemain yang absen menjadi keuntungan tersendiri bagi Alfredo Vera dalam menentukan komposisi awal Bhayangkara FC menghadapi PSS. Kiper Awan Setho jelas dipercaya berada di bawah mistar gawang.

Bek Anderson Salles akan berkolaborasi dengan I Putu Gede, Fatchu Rochman, dan Indra Kahfi. Lini tengah Bhayangkara FC diprediksi tetap dihuni Flavio Beck Junior, Hargianto, Ilham Udin Armaiyn, dan Dendy Sulistyawan. Tinggal Vera bakal memainkan striker Ramiro Fergonzi, Herman Dzumafo, atau Muhammad Nur Iskandar.

"Apalagi Adam Alis dan Vendri Mofu sudah kembali di tim usai sembuh dari cedera. Kami sudah siap menghadapi PSS, dan bertekad pulang membawa poin," urai eks pelatih Persebaya Surabaya ini.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Try Hamdani Goentara (kiper); Bagus Nirwanto, Ikhwan Ciptady, Alfonso De La Cruz, Jajang Sukmara (belakang); Wahyu Sukarta, Sidik Saimima, Rangga Muslim, Brian Ferreira (tengah); Ricky Kambuaya, Yevhen Bokhasvili, Kushedya Hari Yudo (depan).

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho (kiper); I Putu Gede, Anderson Salles, Indra Kahfi, Fatchu Rochman (belakang); Flavio Beck Junior, M. Hargianto, lham Udin Armaiyn, Dendy Sulistyawan (tengah); Subo Seto, Ramiro Fergonzi (depan).

Pelatih: Alfredo Vera

Loading
Artikel Selanjutnya
Bhayangkara FC Berpeluang Dapatkan Gelandang Andalan Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Bhayangkara FC Puas Lihat Kinerja Flavio Beck Junior