Sukses

Head to Head Yordania Vs Timnas Indonesia, Tim Garuda Selalu Kalah

Jakarta Timnas Indonesia menantang Yordania dalam laga uji coba internasional yang berlangsung di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania, Selasa (11/6/2019) malam WIB. Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Timnas Indonesia tiga kali kalah dalam tiga kali pertemuan sepanjang sejarah kedua tim.

Untuk level tim nasional senior, Timnas Indonesia dan Yordania belum sekalipun bertemu dalam sebuah kompetisi resmi FIFA maupun AFC. Namun, pertemuan di Stadion King Abdullah II kali ini merupakan pertemuan keempat di antara kedua tim sejak pertama kalinya pada 2004.

Sayangnya, dalam tiga pertemuan pertama yang semuanya digelar di Amman pada 2004, 2011 dan 2013, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan. Selain itu, hanya ada satu gol yang dicetak oleh pemain terbaik milik Indonesia saat berhadapan dengan Yordania, yaitu pada perjumpaan pertama di antara kedua tim.

Gol tersebut dicetak oleh Bambang Pamungkas dalam laga yang digelar pada 12 Februari 2004, di mana itu merupakan gol ke-19 striker yang karib disapa Bepe itu bersama Timnas Indonesia. Sayangnya, dalam laga tersebut Timnas Indonesia harus kalah 1-2 dari tim tuan rumah.

Pertemuan kedua antara Timnas Indonesia dan Yordania kembali tersaji di Amman pada 28 Agustus 2011. Dalam pertandingan tersebut, Tim Garuda kembali kalah tipis 0-1 dari tim tuan rumah.

Sementara itu, pertemuan terakhir di antara kedua tim, yaitu pada 31 Januari 2013, terjadi saat sepak bola Indonesia tengah diterpa isu dualisme organisasi. Timnas Indonesia pun bermain buruk dengan mengalami kekalahan telak 0-5 di Amman.

Dari catatan tersebut, Yordania sudah delapan kali membobol gawang Timnas Indonesia. Sementara itu, hingga saat ini baru Bambang Pamungkas yang berhasil mencetak gol ke gawang tim asal Timur Tengah itu.

2 dari 2 halaman

Tekad Simon McMenemy Akhiri Tren Negatif

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengakui pertandingan kontra Yordania kali ini pun tidak akan mudah. Yordania memang memiliki kekuatan yang berada di atas Timnas Indonesia.

Namun, Simon McMenemy memiliki misi untuk mengubah tren negatif Timnas Indonesia yang selalu kesulitan ketika menghadapi tim-tim dari Timur Tengah, terutama Yordania.

"Saya ingin para pemain siap untuk menghadapi pertandingan nanti. Tidak hanya mengerti apa yang harus dilakukan di lapangan, tapi juga harus mempersiapkan mental," ujar Simon McMenemy seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Kami mengetahui Timnas Indonesia memiliki catatan buruk ketika menghadapi tim dari Timur Tengah. Namun, saya ingin mengubah tren negatif tersebut," lanjut pelatih asal Skotlandia itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekor Timnas Indonesia vs Tim Timur Tengah: Kerap Tidak Berdaya
Artikel Selanjutnya
Harapan Pelatih Persib untuk 4 Pemainnya yang Dipanggil Timnas Senior