Sukses

Suporter Tottenham dan Liverpool Pecahkan Rekor Lalu Lintas Udara Jelang Final Liga Champions

Jakarta - Final Liga Champions 2018/2019 yang mempertemukan Tottenham Hotspur melawan Liverpool benar-benar menjadi pesta penggemar sepak bola Inggris. Daily Mail melaporkan, ada sekitar 100.000 warga Inggris yang memeriahkan laga final di Stadion Wanda Metropolitano.

Banyaknya suporter yang terbang ke Madrid membuat wilayah udara Inggris sangat sibuk. Ada sekitar 9.000 penerbangan pada Jumat (31/5/2019). Jumlah ini mengalahkan rekor harian sepanjang masa, yakni 8.854 penerbangan pada 25 Mei 2018. Selain itu, ada lonjakan penyewaan jet pribadi yang berangkat dari Inggris ke Madrid.

Bandara-bandara di Inggris yang sibuk akibat final Liga Champions adalah Bandara Leeds Bradford, Gatwick, Liverpool John Lennon, dan Heathrow.

Suasana final Liga Champions juga sudah terlihat di bandara, terutama bandara Liverpool John Lennon, yang dihiasi dengan merchandise The Reds. Suporter yang terbang ke Madrid bernyanyi sambil menunggu keberangkatan mereka.

Di bandara Heathrow juga penuh semangat. Fan terbang dari Terminal 5 khusus untuk mengangkut warga London dan Liverpudlians ke Madrid. Meja check-in dihiasi dengan bola-bola kaki dan bola karet hitam dan putih berserakan di lantai. Staf juga mengenakan jersey Tottenham dan Liverpool.

Seorang juru bicara British Airways mengonfirmasi pihaknya menambah jumlah penerbangan ke Spanyol (Madrid dan Barcelona) menjelang final.

"Kami senang melihat final Liga Champions. Kami telah melihat tingkat permintaan tiket yang belum pernah terjadi sebelumnya, jadi kami telah menambahkan sembilan penerbangan tambahan ke wilayah Madrid akhir pekan ini," katanya.

2 dari 2 halaman

Jalur Darat

Dengan permintaan tinggi, otomatis harga tiket pesawat pun melonjak. Tapi, suporter tak kehilangan akal. Mereka terbang ke negara-negara terdekat Spanyol, kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Madrid.

Akhir pekan ini, diperkirakan transaksi pembelian tiket pesawat mencapai 55 juta pound atau hampir Rp 1 triliun untuk tiket ekonomi London/Liverpool ke Madrid.

Ada yang terbang ke Barcelona dulu, baru kemudian naik bus atau kereta menuju Madrid. Bahkan, ada beberapa kelompok pendukung Liverpool yang terbang ke Marseille dan Bordeux, Prancis. Mereka lalu menempuh jalur darat sampai Madrid. Ada juga yang terbang ke Lisbon, kemudian naik bus menuju Madrid.

Pada laga final, UEFA hanya mengalokasikan 34.000 tiket untuk pendukung kedua tim. Itu berarti ada puluhan ribu yang tidak mengantongi tiket karena diperkirakan ada 100 ribu suporter yang datang ke Madrid.

Polisi Spanyol telah memulai operasi keamanan terbesar yang pernah ada untuk acara olahraga dalam sejarah kota Madrid. Bahkan, pemerintah Madrid meningkatkan skala peringatan terorisme di level lima alias risiko tinggi.

Diperkirakan ada 4.700 petugas polisi, beberapa dari mereka bersenjata. Pihak keamanan juga mengerahkan drone untuk memantau sudut kota yang dipenuhi suporter, termasuk di jalan-jalan sempit kota Madrid.

Final Liga Champions 2018-19 antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool akan digelar pada Minggu (2/6/2019) pukul 02.00 WIB. 

 

Sumber: Bola.com

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Bintang Ini Jadi Pembelian Awal Jose Mourinho di Tottenham Hotspur?
Artikel Selanjutnya
Jose Mourinho Datang, Posisi Son Heung-min Jadi Spekulasi Lucu Fans