Sukses

Bayern Munchen Juara Bundesliga 2018-2019, Dortmund Runner Up

Bayern Munchen dan Borussia Dortmund bersaing ketat hingga laga terakhir untuk gelar Bundesliga 2018-2019.

Liputan6.com, Munchen - Bayern Munchen memastikan diri menyabet gelar Bundesliga Jerman 2018-2019 setelah menaklukkan Eintracht Frankfurt dengan skor telak 5-1 di Allianz Arena, Sabtu (18/5/2019) dalam pekan terakhir kompetisi ini.

Laga penentu juara memang harus dilakoni hinga pekan terakhir, setelah Bayern Munchen hanya unggul dua poin atas pesaing terdekatnya di klasemen, Borussia Dortmund. Di laga lain, Dortmund sendiri mampu mengalahkan tuan rumah Borussia Monchengladbach dengan skor 2-0.

Gol cepat langsung didapat tuan rumah melalui Kingsley Coman pada menit keempat. Sepakan Coman merangsek ke gawang Frankfurt. Die Roten sempat mencetak gol lagi pada menit ke-26 lewat Serge Gnabry, tapi dianulir karena setelah melihat tayangan VAR, terjadi offside sebelum gol lahir.

Kendati dominan, Bayern Munchen belum mampu menyarangkan gol lagi ke gawang tim tamu. Babak pertama, pasukan Niko Kovac masih memimpin 1-0 atas Frankfurt.

Di babak kedua, Frankfurt bermain dengan lebih terbuka demi mencuri gol. Usaha itu berbuah hasil ketika Sebastian Haller menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-50.

Namun, hanya tiga menit kemudian, Bayern Munchen kembali memperlihatkan kedigdayaannya lewat gol David Alaba, yang menyambar bola muntah di dalam kontak penalti Frankfurt. Skor menjadi 2-1.

Bayern Munchen mencetak gol ketiganya ke gawang Frankfurt pada menit ke-58. Adalah Renato Sanches yang mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Perpisahan

Gawang Frankfurt lagi-lagi jebol, Franck Ribery yang masuk sebagai pemain pengganti membobol gawang tim tamu pada menit ke-72 lewat sepakan terukur setelah melakukan penetrasi ke area pertahanan lawan. Skor kini menjadi 4-1.

Seolah melengkapi partai perpisahan, Arjen Robben turut mencetak gol ke gawang Frankfurt pada menit ke-78 hingga kedudukan menjadi 5-1. Seperti diketahui, Ribery dan Robben akan meninggalkan Die Roten dan di partai perpisahan ini, keduanya mencetak gol.

Kemenangan atas Frabkfurt membuat Bayern Munchen menjuarai Bundesliga dengan mengoleksi 78 poin dari 34 pertandingan. Dio Roten unggul dua angka atas Dortmund di klasemen akhir Bundesliga 2018-2019.

3 dari 3 halaman

Starter

Susunan Pemain

Bayern Munchen: Sven Ulrich; Mats Hummels, Niklas Suele, David Alaba, Joshua Kimmich, Thomas Mueller, Leon Goretzka (Renato Sanches 37'), Thiago, Robert Lewandowski, Kingsley Coman (Franck Ribery 61'), Serge Gnabry (Arjen Robben 67').

Eintracht Frankfurt: Kevin Trapp; Martin Hinteregger, Makoto Hasebe, David Abraham, Gelson Fernandes, Mijat Gacinovic, Jonathan de Guzman (Sebastien Haller 46'), Filip Kostic, Danny da Costa, Ante Rebic (Lucas Torro 64'), Luka Jovic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.