Sukses

Makin Tenar, Ronaldo: Orang-orang Sudah Menunggu dengan Senapan

Ronaldo mengakui kadang ia memang lelah menghadapi semua hal tersebut. Ronaldo pernah meraih sukses di Manchester United maupun Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa saat ini banyak orang suah bersiap dengan senapan. Mereka menunggu dirinya melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan.

Bintang Portugal itu menegaskan dirinya bukanlah robot dan mengaku sudah terbiasa menghadapi fakta ini.

Superstar Juventus ini sudah tampil dalam level tertinggi sejak lebih dari satu dekade. Maka dari itu Ronaldo bisa sukses di Manchester United maupun Real Madrid.

Sekarang usianya sudah tergolong uzur untuk pemain bola, 34 tahun. Meski demikian ia tak menunjukkan tanda-tanda mengalami penurunan performa.

Sayangnya kehebatan dan ketenarannya memiliki sisi negatif. Hal itu membuatnya selalu disorot oleh media maupun fans.

Selain itu, ia juga mendapat tekanan dari banyak pihak agar standar performanya tidak sampai menurun. Dengan demikian Ronaldo bisa selalu meraih sukses.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Robot

Ronaldo kemudian ditanya oleh La Repubblica bagaimana rasanya ketika hidupnya selalu diawasi oleh banyak pihak secara detil setiap saat. Ia mengaku hal tersebut sebenarnya sangat tidak nyaman namun ia sudah terbiasa dengan hal tersebut.

"Saya tidak berpikir orang percaya saya robot, tetapi mereka melihat saya sebagai seseorang yang tidak pernah memiliki masalah, tidak pernah bisa sedih, tidak pernah memiliki kekhawatiran. Orang mengidentifikasi kesuksesan, riang, dengan uang: "Bagaimana ia bisa sedih atau mengalami krisis jika ia seorang jutawan?"

“Anda harus mengerti bahwa tidak semua orang sama, mereka masih mengalami hal-hal tertentu. Tapi saya mengerti. Saya tahu bahwa orang-orang berdiri dengan senapan mereka menunggu saya melewatkan penalti atau gagal dalam pertandingan yang menentukan," ujarnya.

"Tetapi itu adalah bagian dari kehidupan dan saya harus siap untuk menerimanya. Dan saya sudah siap selama bertahun-tahun," seru Ronaldo.

3 dari 3 halaman

Lelah

Ronaldo kemudian ditanya apakah ia lelah dengan tekanan dan sorotan itu. Ia mengakui kadang ia memang lelah menghadapi semua hal tersebut.

“Saya tidak menyangkal bahwa kadang-kadang itu mengganggu saya dan saya lelah karena tampaknya setiap tahun saya harus membuktikan diri saya sangat kuat. Itu sulit," keluhnya.

“Anda juga harus memperhitungkan tekanan tambahan karena harus membuktikan sesuatu kepada orang lain, bukan hanya diri Anda sendiri. Dan kepada orang-orang di sekitar Anda," sambungnya.

"Untuk keluarga Anda, untuk ibu Anda, untuk anak Anda. ‘Cris, besok Anda harus menang’. Anda harus berlatih terus menerus, tetapi tiba saatnya ketika Anda berkata: 'Dengar, tinggalkan diri saya sendiri'," tandasnya.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.