Sukses

Kembali Bela Persib, Jupe: Home Sweet Home

Pemain belakang Achmad Jufriyanto semakin melengkapi lini pertahanan Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2019 yang akan dimulai 8 Mei mendatang.

Liputan6.com, Bandung Bek tengah Achmad Jufriyanto semakin melengkapi lini belakang Persib Bandung. Setelah berkelana ke Liga Malaysia, pemain yang karib disapa Jupe ini berhasil dibujuk pulang ke tim berjuluk Maung Bandung.

"Saya senang sekali dapat kembali lagi ke Bandung. Ibaratnya, home sweet home karena saya sempat keluar dan akhirnya bisa kembali lagi," kata Jupe saat diperkenalkan oleh manajemen Persib di Bandung, Kamis (18/4/2019).

Meski berada jauh, Jupe mengaku tetap merindukan suasana Bandung yang ia kenal. Tidak terkecuali dengan manajemen Persib yang telah ia kenal selama ini.

"Karena mungkin memang hubungan saya dengan manajemen, pemain dan tim berjalan dengan baik. Komunikasi kita pun masih lancar, jadi Alhamdulillah selalu ada kesempatan saya untuk bisa kembali lagi ke sini," ucapnya.

Pemain yang pernah membawa Persib juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015 ini mengaku sulit untuk melupakan momen kebersamaan semasa berkostum Persib.

"Mengutip sebuah tulisan tidak tahu dari mana, main bola bisa di mana saja, tapi hati tetap di Persib. Tapi dalam hati saya kalau bisa balik lagi kenapa tidak, jadi untuk tahun ini mudah-mudahan saya bisa memberikan yang terbaik untuk Persib," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Didekati Persija

Jupe mengakui sebelum memutuskan kembali ke Persib memang ada beberapa klub Liga 1 yang menawarinya bergabung. Namun, saat bebas transfer pemain kelahiran Tangerang ini berjanji jika kembali ke Indonesia akan memprioritaskan Persib Bandung.

"Jadi waktu itu masih free transfer, saat saya kembali ke Indonesia banyak yang mengetahui berita itu, maka banyak yang menghubungi. Cuma pada saat saya keluar, sudah berbicara dengan seluruh manajemen termasuk Pak Zaenuri, Pak Kuswara, semua kalau pun saya kembali ke Indonesia, Persib akan jadi prioritas saya karena hubungan emosional dengan Bandung itu sudah begitu dekatnya," ujar mantan pemain Sriwijaya FC itu.

Pertimbangan Jupe memilih Persib karena ketika berkostum Maung Bandung, ada rasa tumbuh percaya diri dalam bermain. "Saya merasa kepercayaan diri saya dalam bermain, dalam apapun saya merasa bagus, merasa dapat feel-nya di sini," katanya.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Soal Cedera

Proses perekrutan Achmad Jufriyanto yang dilakukan Persib Bandung mengundang pertanyaan soal cedera yang dia alami. Bahkan dengan cederanya itu, pemain yang akrab dipanggil Jupe ini, harus didepak klub asal Malaysia Kuala Lumpur FA tepat di akhir musim 2018 silam.

Jupe tak menyembunyikan terkait cedera yang didapatnya pada Januari lalu itu. Namun ia menyebut kondisinya saat ini membaik dan siap mengarungi petualangan baru bersama Persib.

"Cedera itu betul, dari mulai Januari mungkin sampai sekarang. Mungkin ada beberapa fase terapi yang saya jalani sebelumnya. Dari mulai awal saya kembali ke Indonesia, cek ke fisioterapi, saya MRI, saya otopedi, sampai terakhir di-ISMC itu semua atas rekomendasi dari Persib," ujarnya.

Setelah melakukan ISMC, Jupe ingin memastikan jika kondisi cederanya memang tidak akan mengganggunya. Kemudian ia merasa lebih percaya diri dan memutuskan bekerja untuk Persib.

"Rekomendasi semua para ahli yang saya temui semua sama, jadi tidak ada yang serius, tidak ada sesuatu yang harus butuh treatmen ekstra. Jadi untuk liga nanti Insya Allah, saya bisa buktikan tidak ada masalah," kata pemain 32 tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.