Sukses

4 Pemain yang Pernah Berkostum Juventus Sekaligus Ajax

Jakarta Juventus dan Ajax masuk lingkaran klub papan atas Eropa. Mereka selalu jadi tim unggulan di pentas Liga Champions.

Bianconeri sudah memainkan sembilan final Liga Champions. Namun, mereka hanya berhasil menjadi juara dua kali pada tahun 1985 dan 1996, saat mengalahkan Ajax dalam adu penalti.

Sementara itu, Ajax sudah memainkan enam final Liga Champions. Mereka memenangkan tiga gelar berturut-turut antara 1971 dan 1973, sementara mahkota Liga Champions terakhir mereka terjadi pada 1995 berkat gol Patrick Kluivert di final melawan AC Milan.

Juventus akan bertandang ke Stadion Johan Cruyff pada Kamis (11/4) dini hari WIB nanti. Juventus akan menantang tuan rumah Ajax untuk pertandingan leg pertama babak perempat final Liga Champions.

Tercatat ada beberapa pemain yang pernah membela Ajax ataupun Juventus. Berikut empat pemain yang pernah berseragam Ajax dan Juventus seperti dilansir Ronaldo.com.

2 dari 5 halaman

Edgar Davids

Edgar Davids adalah mantan gelandang bertahan timnas Belanda. Ia memulai karirnya sebagai lulusan akademi Ajax yang terkenal.

Dia menghabiskan lima tahun bersama raksasa Belanda itu. Ia memenangkan sembilan trofi utama, termasuk tiga gelar Eredivisie, Piala KNVB, Piala UEFA, dan Liga Champions 1995.

Davids pindah ke Milan pada tahun 1996. Namun, setelah dua tahun yang kurang sukses di San Siro, ia bergabung dengan Juventus pada tahun 1998.

Dia memenangkan tiga gelar Serie A dalam enam tahun bersama klub. Ia menjelma menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik dalam sepakbola.

Davids, yang juga pernah bermain untuk Barcelona, Inter Milan dan Tottenham, bergabung kembali dengan Ajax pada Januari 2007 dan memenangkan Piala KNVB lainnya di akhir musim. Dia pensiun dari sepakbola profesional pada tahun 2014 saat usianya 41 tahun.

3 dari 5 halaman

Edwin van der Sar

Edwin van der Sar adalah pemain lainnya yang memulai karir profesionalnya di Ajax. Dia melakukan debut pada tahun 1990 dan kemudian memainkan 312 pertandingan untuk klub Belanda tersebut.

Van der Sar memenangkan 14 gelar selama beradad di Ajax. Termasuk empat gelar Eredivisie dan Liga Champions yang ikonik pada 1995.

Dia bergabung dengan Juventus pada tahun 1999. Ia hanya menghabiskan dua musim dengan membuat 88 penampilan di semua kompetisi untuk Bianconeri.

Kiper Belanda itu menghabiskan empat musim di Fulham, sebelum bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2005.

Van der Sar meraih kesuksesan di Old Trafford. Ia memenangkan empat Premier League dan Liga Champions pada 2008 setelah menggagalkan penalti Nicolas Anelka.

Van der Sar pensiun pada 2011, setelah menjadi pemain tertua yang memenangkan Premier League dengan usia 40 tahun 205 hari.

4 dari 5 halaman

Michael Laudrup

Michael Laudrup bisa dibilang pemain terbaik dalam sejarah sepakbola Denmark.

Dia memulai karirnya di Kjobenhavns Boldklub. Ia sempat bermain untuk Brondby dan Lazio sebelum pindah ke Juventus pada tahun 1985.

Laudrup menghabiskan empat musim di Stadio delle Alpi. Ia membuat 152 penampilan untuk Bianconeri.

Gelandang Denmark ini memenangkan Serie A pada musim pertamanya bersama Juventus. Namun, ia meninggalkan klub pada 1989 untuk bergabung dengan Barcelona asuhan Johan Cruyff.

Laudrup menikmati kesuksesan besar di bawah kepemimpinan Cruyff dan menjadikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di posisinya. Ia berhasil mengantarkan Barca meraih juara Piala Eropa pada tahun 1992.

Laudrup sempat bermain untuk Real Madrid dan Vissel Kobe sebelum pindah ke Ajax pada tahun 1997. Dia menghabiskan musim terakhirnya di Amsterdam dan memenangkan gelar ganda domestik dengan raksasa Belanda.

  

5 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu striker terbaik di dunia sepakbola. Ia memulai karirnya di Malmo FF.

Ibra bergabung dengan Ajax pada tahun 2001 saat berusia 20 tahun. Ia kemudian mencetak 48 gol dan memenangkan dua gelar Eredivisie selama tiga tahun bersama klub.

Dia pindah ke Juventus pada 2004. Namun, Zlatan hanya menghabiskan dua musim di Stadio delle Alpi karena Bianconeri diturunkan ke Serie B akibat skandal Calciopoli.

Zlatan kemudian pindah ke rival terbesar Juve - Inter. Ia membuktikan dirinya sebagai striker kelas dunia di sana dengan memenangkan tiga gelar Serie A berturut-turut.

Pemin Swedia itu juga bermain untuk raksasa Eropa lainnya, seperti Barcelona, AC Milan, PSG, dan Manchester United, dan telah memenangkan total 31 trofi utama dalam karirnya. Dia saat ini bermain untuk tim MLS Los Angeles Galaxy.

Sumber: Bola.net