Sukses

Gelandang Persebaya Enggan Pikirkan Top Scorer Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Surabaya - Gelandang Persebaya Surabaya Manuchehr Jalilov tidak mementingkan gelar top skorer Piala Presiden 2019. Dia menyerahkan kepada Yang Maha Kuasa.

Gelandang asal Tajikistan menentukan kemenangan 1-0 Persebaya atas Madura United pada leg pertama semifinal, Rabu (3/4/2019).

Jalilov kini sudah mencetak lima gol, bersanding di puncak bersama penggawa Persija Jakarta Bruno Matos. Menyusul kemudian Osas Saha (PS Tira-Persikabo) dan Melvin Platje (Bali United) dengan masing-masing membuat empat gol.

Namun, peluang Jalilov berjaya sangat besar. Pasalnya, ketiga pesaingnya itu sudah tersisih. Sementara Jalilov maksimal memiliki tiga pertandingan untuk mencetak gol lagi.

”Alhamdulillah, saya bisa mencetak gol lagi. Ini berkat kerja sama semua pemain di tim. Top scorer atau tidak, saya pasrahkan semua kepada Tuhan,” kata Jalilov, dilansir situs resmi Persebaya.

2 dari 3 halaman

Peluang Juara

Selain Madura United, Jalilov juga merobek gawang PS Tira-Persikabo (perempat final), Perseru Serui (grup), dan Persib Bandung (2, grup).

Produktivitasnya pun memperbesar kans Persebaya memenangkan Piala Presiden 2019. Pasalnya, sang pemain tersubur turnamen yang disiarkan Indosiar ini selalu datang dari tim pemenang.

3 dari 3 halaman

Jejak Sebelumnya

Zulham Zamrun menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2015. Mengantarkan Persib Bandung menjadi juara, Zulham mengemas enam gol sepanjang turnamen dan tak terkejar oleh pemain-pemain lainnya.

Torehan gol terbanyak melonjak drastis di Piala Presiden 2017. Kecemerlangan Cristian Gonzales bersama Arema FC membuatnya mampu mengemas 11 gol dengan usianya yang sudah 40 tahun. Bahkan di laga final, El Loco sukses mengemas hattrick dalam kemenangan 5-1 atas Borneo FC.

Beralih ke Piala Presiden 2018, Persija Jakarta menjadi juara tak lepas dari kehadiran striker anyar asal Kroasia, Marko Simic. Dalam turnamen tersebut, Marko Simic menyihir The Jakmania dengan ketajaman dalam mencetak gol bagi Macan Kemayoran.

Seperti halnya Cristian Gonzales pada edisi 2017, Marko Simic sukses mengemas 11 gol sepanjang Piala Presiden 2018. Bahkan striker asal Kroasia itu juga meraih predikat sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.