Sukses

Srikandi Cup: Merpati Bali Bekuk Scorpio

Liputan6.com, Jakarta Merpati Bali terus bertengger i pucuk pimpinan klasemen sementara Srikandi Cup 2018-2019 yang berlangsung di Semarang. Melawan Scorpio Jakarta pada pertandingan terakhir di hari kedua, Merpati menang walau dengan skor yang tidak terlalu jauh 65-62.

Ni Putu Eka Febiananda mencetak 16 poin, enam rebound dan satu assist. Sedangkan pemain Scorpio Jakarta, Delaya Maria menjadi topskor untuk timnya (19 poin, tiga rebound,satu steal). 

Merpati Bali unggul di dua kuarter awal 21-17 dan 36-32. Meski demikian, kinerja Merpati Bali yang di arsiteki oleh Bambang Asdianto Pribadi belum terlalu maksimal. Mereka melakukan enam kali turnovers, sama halnya yang dibuat oleh Scorpio Jakarta.

Catatan statistik di dua kuarter awal menyiratkan bahwa Merpati unggul dalam urusan mencetak angka dari usaha kesempatan kedua (second chance) yakni sebanyak sembilan angka dan juga enam poin lewat serangan balik. Tapi Scorpio unggul dalam statistik mencetak angka dari para pemain cadangannya (13 poin), sementara pemain lapis kedua Merpati Bali hanya bisa membuat lima angka.

Keunggulan sementara tim asal Pulau Dewata itu juga berkat sumbangsih 11 poin yang disumbangkan oleh Agustin Gradita Retong. Dua pemain lainnya sama-sama turut mencetak delapan poin, yakni Ni Putu Eka Febiananda dan Helena Tumbelaka yang bertindak sebagai kapten tim Merpati Bali.

Sedangkan pemain Scorpio Jakarta Delaya Maria dan Siti Noor Herlina total menyumbangkan 20 poin, Delaya 12 poin sedangkan Siti membuat delapan angka.

Jeda halftime, Merpati Bali memperbesar jarak 40-34 (7 menit 33 detik waktu berjalan). Empat menit kemudian Kedudukan kembali sama 46-46, Delaya Maria melepaskan tembakan tiga angka untuk membuat skor imbang. Kedua tim kembali sama-sama meraih dua angka lagi 48-48, sebelum pengatur serangan Merpati Bali yakni Agustin Gradita Retong melepaskan tembakan tiga angka (51-48).

30 detik waktu tersisa Scorpio menambah dua poin terakhirnya dari lemparan bebas Priscilla Annabel Karen  akibat pelanggaran yang di buat oleh Ni Putu Eka Febiananda. Skor pun kembali ketat, walau masih milik Merpati bali 51-50. Awal menit kuarter pamungkas,  Fitria Ramadhani Madjid pemain bernomor punggung 10 Merpati Bali, melepaskan tembakan tiga angka dari sudut area pertahanan Scorpio Jakarta, sekaligus mengubah kedudukan menjadi 54-50.

Scorpio terus berusaha mengejar ketertinggalannya. Semangat tim asal Jakarta tersebut patut diacungi jempol, mereka masih bisa membuat lima angka tambahan lagi, meski pada akhirnya harus mengakui ketangguhan sang pemuncak klasemen di akhir pertandingan.

 

2 dari 2 halaman

Komentar

“Mereka hari ini bermain lepas. Memang kami kalah, tapi saya puas dengan semangat juang para pemain saya. Kondisi para pemain kami juga tidak terlalu bagus, Karen baru sembuh dari sakit, Delaya juga baru saja berduka di tinggal ayahnya dan selama 10 hari ia juga tidak berlatih dengan kami. Justru saya menyesali pertandingan di game pertama, kita kurang greget. Justru melawan Merpati Bali anak-anak tampil all out. Semoga dua pertandingan akhir kami tampil lebih baik lagi,” kata Budi Wardoyo pelatih Scorpio Jakarta.

“Memang kami menang tapi tidak dengan skor yang banyak. Tadi coach Bing menginstruksikan kepada kami untuk bermain enjoy terutama untuk para pemain yang baru comeback dari cedera. Jadi tadi kami lebih banyak melakukan rotasi gunanya menyiapkan kita untuk beradaptasi di playoffs mendatang supaya lebih siap lagi,” ucap Eka panggilan akrab Ni Putu Eka Febiananda.