Sukses

Sempat Pensiun, Duo Barcelona Bela Timnas Catalonia

Xavi dan Gerard Pique sempat satu klub di Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Bek Barcelona Gerard Pique dan Xavi Hernandez kembali ke tugas internasional. Keduanya bakal membela Timnas Catalonia untuk uji coba melawan Venezuela, 25 Maret mendatang.

Pique dan Xavi masuk skuat Timnas Catalonia berisi 20 orang. Selain keduanya, hadir beberapa eks penggawa Barcelona lain mencakup Martin Montoya, Marc Bartra, Aleix Vidal, Marc Muniesa, Oriol Romeu, hingga Bojan Krkic.

Sebagai daerah otonom Spanyol, Catalonia tidak terdaftar di FIFA atau UEFA. Namun, timnas mereka kerap melangsungkan uji coba.

Pique sudah sembilan kali membela Timnas Catalonia. Sementara Xavi, yang kini membela Al Sadd, tampil di 12 laga.

Sempat satu tim di Barcelona, keduanya juga membela Timnas Spanyol dan meraih berbagai prestasi. Namun, sudah pensiun beraksi di pentas internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penolakan Klub

Winger Watford Gerard Deulofeu juga berencana bergabung. Dia dilaporkan sudah meminta izin manajer Javi Gracia serta pemilik klub Gino Pozzo dan dikabarkan bakal mendapat lampu hijau.

Namun, klub Spanyol tidak menerapkan kebijakan sama. Rayo Vallecano, Huesca, dan Real Valladolid melarang pemain masing-masing bergabung.

Ketiganya menyebut alasan olahraga di balik keputusan itu, ketimbang polemik politik antara Catalonia dan Pemerintah Spanyol, yang memanas menyusul referendum ilegal pada Oktober 2017.

Pelatih Timnas Catalonia Gerard Moreno menerima sikap tersebut meski mengaku kecewa. "Semua memiliki motif masing-masing," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak Timnas Catalonia

Timnas Catalonia tercatat sudah melakoni 46 pertandingan. Mereka meraih 18 kemenangan, 16 kali tumbang, dan sisanya imbang.

Beberapa nama tenar yang pernah membela adalah Ricardo Zamora, Carles Rexach, Pep Guardiola, Victor Valdes, Sergio Busquets, Carles Puyol, hingga Cesc Fabregas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.