Sukses

Selain MotoGP, Jokowi Sebut Sirkuit Mandalika Juga Tawarkan Keindahan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan komitmen pemerintah terhadap pembangunan Sirkuit Mandalika. Arena balap yang berkonsep Street Race ini bertempat di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi salah satu venue putaran MotoGP 2021.

Rencananya, pembangunan sirkuit Mandalika ini akan dimulai pada September 2019. Hal tersebut disampaikan langsung oleh presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pertemuan antara pemerintah dengan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta selaku promotor MotoGP.

Pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor, Senin (11/3) sore , juga dihadiri Direktur Utama Pengembangan Pariwista Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Jokowi kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk melaksanakan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika 2021 mendatang. Selain menyiapkan lintasan balap, pihak ITDC juga menginginkan infrasrukturtur tambahan. Seperti jalan tembusan ke bandara dan perpanjangan runway bandara.

"Ada tanda tangan kerjasama untuk penyelenggaraan MotoGP di tahun 2021, kita siap menyiapkan infrasturkur," ujar Joko Widodo. Selain kelas MotoGP, nantinya arena balap motor ini juga akan menyajikan balapan Moto2 dan Moto3.

Bukan hanya dari sisi olahraga, Sirkut Mandalika juga akan menawarkan sisi keindahan alam Indonesia. Berkonsep street race, lintasan balap ini nantinya akan dibangun di pesisir pantai Mandalika. Tentu ini akan menaikan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata.

"Carmelo menyampaikan bahwa ini merupakan street sirkuit yang sangat indah sekali. Karena mepet dengan pantai. Pantainya indah dan sirkuitnya sangat dekat dengan pantai," ujar Presiden RI ketujuh itu seperti yang dikutip Antara.

2 dari 3 halaman

Jajal Motor Marquez

Maka itu, Jokowi pun menyebut Sirkuit Mandalika sebagai tempat yang memiliki manfaat ganda. "Berarti kita akan mendapat dua kemanfaatan, selain olahraga juga priwisata secara brand akan terangkat, dan Mandalika akan mendapat manfaat kerana investasi ini," lanjutnya.

Usai pertemuan tersebut, Jokowi berkesempatan mencoba replika motor balap dari rider Marc Marquez. Marquez, pembalap Repsol Honda adalah jura MotoGP 2018.

3 dari 3 halaman

Terakhir Tahun 1997

Nantinya, Sirkuit Mandalika akan menjadi veneu balapan MotoGP pada tahun 2021. Indonesia bersiap untuk menjadi tuan rumah balapan kuda besi ini. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumah pada thun 1997.

Dimana pada waktu itu MotoGP masih terbagi dalam tiga kelas, yakni kelas 125cc, 250cc, dan 500cc. Setelahnya, Indonesia hanya menjadi penikmat MotoGP dari layar kaca.

Pada musim balapan kali ini, ada dua pembalap asal Indonesia yang berlaga. Dimas Ekky yang tergabung dalam IDEMETSU Honda Team Asia akan unjuk gigi di lintasan Moto2. Sementara Mario Aji bakal bertarung di ajang FIM CEV Repsol Moto3 Junior World Championship.

Loading
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Valentino Rossi Sebut 2 Masalah Krusial Motor Yamaha
Artikel Selanjutnya
TKN: Kenaikan Gaji PNS Bukan Money Politics