Sukses

Profil Eero Markkanen, Mantan Pemain Real Madrid yang Kini Parkir di PSM Makassar

Eero Markkanen dipecat Madrid karena kegemukan.

Liputan6.com, Jakarta Nama Eero Markkanen memang masih terdengar asing di sepak bola Indonesia. Seperti diketahui, PSM merupakan klub pertama Markkanen di Tanah Air. PSM Makassar meresmikan Eero Markkanen sebagai pemain anyar mereka di Liga 1 musim 2019 ini pada hari Senin (14/1). Pemain yang juga pernah membela Real Madrid B tersebut dikunci dengan kontrak berdurasi satu tahun.

Markkanen lahir di Jyvaskyla, Finlandia pada 3 Juli 1991. Ayahnya, Pekka Markkanen, merupakan mantan pemain basket. Begitu juga dengan adiknya yang merupakan pemain Chicago Bulls, Lauri Markkanen.

Baca Juga

  • Mengenal Eero Markkanen, Mantan Pemain Real Madrid yang Berlabuh ke PSM
  • PSM Resmi Memperkenalkan 6 Pemain Anyar
  • Janji Mantan Pemain Real Madrid B buat PSM

Markkanen merupakan pemain asli binaan akademi JJK Jyvaskyla. Sampai saat ini, pemain 27 tahun itu pernah bermain di 13 klub di Eropa baik berstatus permanen maupun pinjaman. Pada 2014-2015, Markkanen pernah mendapatkan kesempatan bermain untuk Real Madrid B. Ketika itu, penyerang berpostur 197 cm itu mencetak dua gol dalam 10 pertandingan yang dimainkannya.

Chief Executive Officer (CEO) PSM, Munafri Arifuddin, menyambut baik perekrutan Eero Markkanen. Menurut dia, kehadiran pemain berpaspor Finlandia itu bakal membuat lini depan Juku Eja semakin tajam. "Kami merekrut dia (Eero Markkanen) karena membutuhkan pemain depan yang tajam," kata Munafri Arifuddin seperti dikutip Liputan6.com dari Bola.net.

Selain merekrut Ereo Markkanen, PSM Makassar juga berhasil mendaratkan Aaron Evans dari Barito Putera. Kehadiran dua pemain tersebut diharapkan bisa mengantarkan klub kebanggaan masyakrat Sulawesi Selatan itu meriah gelar Liga 1. Namun, sosok Markkanen yang paling banyak mendapat sorotan. Selain pernah tercatat sebagai pemain Real Madrid Castilla yang diasuh Zinedine Zidane, Markkanen juga pemain Timnas Finlandia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Eero Markkanen Dipecat Madrid Karena Kegemukan

Tahun 2015 menjadi tahun yang sulit bagi Ereo Markkanen. Tidak mudah memang menembus tim inti di klub sekelas Real Madrid. Hal itu pula yang belum lama ini dirasakan oleh pemain muda Finlandia, Eero Markkanen.Betapa tidak pemain berusia 24 tahun itu belum lama ini dilepas oleh Real Madrid Castilla, yang tengah ditangani oleh Zinedine Zidane waktu itu.

Penyebabnya cukup lucu. Menurut laporan The Mirror, Markkanen dianggap kelebihan berat badan usai liburan musim panas, hingga mencapai 18 kilogram!Namun demikian, hal tersebut seharusnya bisa sedikit ditolerir. Mengingat Markkanen memiliki tinggi sekitar 1,9 meter.

Oleh karena itu sang pemain merasa tidak terima dengan tudingan Los Blancos.Menggunakan Twitter, ia lantas mengunggah gambar di bawah ini dengan maksud membalas dendam sekaligus menyindir klub Spanyol.

3 dari 5 halaman

Masuk daftar Liga Champions 2014-15

Ada catatan menarik ketika tahun 2014, Ereo Markkanen pernah masuk dalam list tim utama Real Madrid dan duduk bangku cadang fase Grup Liga Champions 2014-15 grup B untuk melawan FC Basel, Liverpool dan Ludogorets. Ereo Markkanen dipersiapkan sebagai pengganti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Javier Hernández, Jesé, Eero Markkanen yang sama sama berposisi sebagai forward.

Ereo Markkanen bisa membawa perubahanKehadiran Ereo Markkanen diharapkan jadi pemutus catatan minor striker PSM pada dua musim Liga 1 sebelumnya. PSM selalu mengganti strikernya pada setiap putaran karena dinilai gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya. Markkanen tiba di Makassar, Minggu (13/1/2019). Pada Senin (14/1/2019), striker dengan tinggi badan 197 ini menjalani tes medis dan kemudian resmi diperkenalkan [PSM] ke publik.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, berharap Markkanen bisa memenuhi harapan manajemen dan suporter Juku Eja. "Markkanen pemain rekomendasi dari Robert Alberts (mantan pelatih PSM). Berdasarkan rekam jejak dan videonya, dia adalah tipikal striker yang tajam di kotak penalti," ujar Munafri kepada Bola.net.

4 dari 5 halaman

Antusias bersama PSM

Ereo Markkanen mengungkap proses dirinya bergabung dengan PSM tak membutuhkan waktu lama.

"Agen saya memberitahu ada tawaran menarik PSM. Kemudian coach Robert dan Munafri menghubungi saya. Tanpa pikir panjang saya langsung menyetujuinya," tuturnya seperti dikutip dari Bola.com.

Markkanen mengaku sangat antusias bisa membela PSM musim ini. "Saya tahu PSM ingin juara di Liga 1 dan Piala AFC. Bagi saya ini adalah tantangan. Saya akan berusaha tampil maksimal di setiap partai bersama PSM," kata Markkanen.

 

5 dari 5 halaman

Tandem dengan Aaron Evans

Setelah merekrut seorang pemain tipe penyerang Ereo Markkanen. PSM Makassar juga merekrut pemain asing lainnya. Di liga 1 2018, lini belakang jadi kerap titik lemah PSM. Terutama pada pekan-pekan terakhir putaran kedua. Contohnya pada pekan ke-28 sampai ke-31, PSM kebobolan 12 gol. PSM Makassar mendatangkan mantan stoper Barito, Aaron Evans, untuk memperkuat lini belakang. Evans diharapkan tampil lebih baik dari Steven Paulle (Prancis) yang dilepas PSM akhir musim lalu.

Evans mengaku sangat senang bisa membela PSM setelah dua musim bersama Barito Putera. "Saya berterima kasih kepada PSM yang sudah memberi kesempatan saya. Saya sangat senang bisa bermain bersama tim ini di ajang besar seperti Piala AFC dan Liga 1," kata Evans kepada Bola.com.

Evans pun menegaskan dirinya akan berusaha keras tidak mengecewakan manajemen dan suporter PSM. "Saya sudah tidak sabar mengikuti latihan bersama PSM. Saya dan teman-teman di lini belakang PSM akan membuka lembaran baru. Saya akan berusaha keras menutupi kelemahan PSM (di lini belakang) itu," imbuhnya.

 

Reporter: Heri Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini