Sukses

Boxing Day, Kado Natal dari Liga Inggris

Boxing Day kali ini bakal menampilkan persaingan sengit klub papan-papan atas.

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris layak disebut kompetisi paling ketat dan kompetitif. Selain persaingan setiap tim, jadwal kompetisi di negeri ini pun sangat padat

Salah satu agenda atau jadwal yang sangat populer di negeri Ratu Elizabeth ini adalah "Boxing Day". Menariknya, karena laga ini digelar berdekatan dengan perayaan hari Natal pada 25 Desember. Ketika negara-negara lain meliburkan kompetisi liganya, di Inggris justru sebaliknya.

Konsekuensinya suasana Natal yang penuh kehangatan tidak bisa dinikmati para pemain dan pelatih di Liga Inggris.

Pada hari itu, keempat liga sepakbola profesional di Inggris, dari Liga Primer sampai Football League Two atau Liga dua Inggris, akan menjalani seluruh pertandingannya. Musim atau tahun ini, total ada 22 pertandingan yang digelar di momen tersebut.

Teristimewanya, Boxing Day kali ini bakal menampilkan persaingan sengit klub papan-papan atas. Pasalnya, perjalanan mereka musim ini tak lagi berjalan mulus.

Chelsea dan Manchester City, misalnya. Mereka harus bangkit dari kekalahan. Chelsea dikalahkan Leicester City 0-1, sementara City dikalahkan oleh Crystal Palace 2-3.

Hasilnya, City saat ini tertinggal empat poin dari Liverrpol di puncak klasemen Liga Inggris. Sehingga kemenangan jadi menu wajib yang harus didapatkan untuk bisa terus menjaga asa juara.

''Sekarang kami harus bersiap ke pertandingan selanjutnya. Ada banyak pertandingan yang harus dimainkan,'' ujar pelatih City Pep Guardiola, seperti dikutip dari laman resmi klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kado Natal

Atmosfer ini tentu saja akan menjadi hiburan tersendiri bagi suporter sepak bola di tengah perayaan Natal. Bagi banyak penggemar sepak bola di Inggris, Boxing Day diperlakukan sama seperti “Hari Natal”-nya di sepakbola Inggris.

Sementara bagi para manajer dan pemain klub, mereka terpacu memberikan hasil terbaik sebagai kado Natal bagi para penggemar mereka. Meski masih banyak yang menyebut Boxing Day menimbulkan efek kelelahan pada pemain, tetap saja laga sehari setelah Natal adalah laga yang penting bagi tim-tim di Liga Inggris.

3 dari 3 halaman

Tradisi

Istilah Boxing Day sendiri dikenal sejak abad ke-19. Tradisi ini mulanya dikhususkan untuk para golongan bawah yang bakal merayakan Natal.

Setelah itu, esok harinya mereka mendapatkan hari libur dan menerima berbagai macam hadiah dalam bentuk kotak kado (boxes) dari para majikan. Dari sinilah awal mula muncul istilah Boxing Day.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Formasi

  • Boxing Day