Sukses

Asyiknya Tur di Chang Arena, Stadion Kebanggaan Buriram United

Liputan6.com, Buriram - Tak salah memang jika Thailand masih disebut raja sepak bola Asia Tenggara. Bahkan di kawasan Asia, kehebatan tim Negeri Gajah Putih mulai diperhitungkan.

Hal ini tidak lepas dari keseriusan Thailand membangun industri sepak bolanya. Kompetisi liga dibangun sedemikian rupa agar menghasilkan timnas yang tangguh.

Klub pun dituntut profesional sesuai standar yang telah diterapkan AFC. Salah satu klub Thailand yang layak menjadi contoh adalah Buriram United.

Meski bukan berasal dari kota yang besar, nyatanya Buriram United mampu menunjukkan kualitasnya sebagai klub profesional. Stadion yang megah dan dibangun oleh biaya sendiri menjadi bukti kesuksesan tidak didapat secara instan.

Ya, Buriram United bermarkas di Chang Arena, stadion terbesar yang dimiliki klub di Thailand. Kapasitas stadion yang juga bernama Thunder Castle ini mencapai 32.600 kursi.

Letaknya pun strategis yakni menjadi satu area dengan sirkuit kebanggaan Thailand, Buriram. Tak heran stadion ini dianggap layak oleh AFC maupun FIFA untuk menggelar event internasional.

Dari tampak luar desain stadion ini sebenarnya cukup sederhana. Namun fasilitas yang ada membuat kagum seluruh pecinta sepak bola yang hadir.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Memadai

Di dalam Chang Arena terdapat ruang media yang memadai, ruang medis, ruang ganti pemain, wasit, hingga ruang ganti untuk anak gawang. Di sepanjang lorong stadion terdapat poster-poster momen saat juara dan juga poster para pemain.

Di bagian bench pemain, kursinya juga empuk standar stadion khas Eropa. Tribunnya juga sudah memakai single seat di semua sektor. Yang unik stadion ini terbuka untuk umum setiap harinya dan gratis. Semua bagian stadion bisa dijelajahi kecuali bagian lapangan yang memang dijaga.

Chang Arena (Liputan6.com/ Adyaksa Vidi)

Selain itu terdapat ruang trofi dan juga ruang pengurus klub yang ada di dalam stadion. Tak heran ratusan anak sekolah datang setiap harinya untuk melihat langsung stadion ini.

Bagian penting lain dari stadion ini adalah adanya toko resmi merchandise Buriram United. Tak hanya satu, tetapi ada dua toko yang sama besar di kawasan stadion.

 

3 dari 3 halaman

Pernak-Pernik

Bahkan saat hari pertandingan ada satu lagi tempat yang dibuka untuk menjual pernak- pernik klub. Keuntungan dari penjualan pun bisa menghidupi Buriram United yang sebagian besar pemainnya merupakan penggawa timnas Thailand.

Di luar stadion juga ada tiga lapangan yang digunakan Buriram United untuk berlatih. Tentu Buriram United bisa menjadi contoh bagi klub tanah air. Pengelolaan klub yang profesional bakal berdampak pada keuntungan finansial dan prestasi klub.

Saksikan video menarik di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Pemain Indonesia di Liga Thailand dan Absen di Piala AFF 2018