Sukses

Lelang Jersey dan Raket, Pebulu Tangkis Indonesia Kumpulkan Rp 2,1 M untuk Korban Gempa

Liputan6.com, Jakarta Pebulu tangkis top Indonesia turut berempati dengan bencana gempa bumi yang melanda Palu dan Donggala. Sebagai bentuk kepedulian, pebulu tangkis Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Bulu Tangkis Indonesia (KBI) mengadakan penggalangan dana, lelang amal dan eksebisi bertajuk Bulu Tangkis Indonesia Peduli Palu dan Donggala di Grand Indonesia, Sabtu (24/11/2018).

Ada 9 pebulu tangkis top yang terlibat yaitu Jonathan Christie, Anthony Ginting, Kevin Sanjaya, Marcus Gideon, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Greysia Polii, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan. Mereka melelang barang kesayangan seperti jersey dan raket yang memiliki banyak kenangan untuk amal.

Selain pebulu tangkis aktif beberapa legenda juga hadir yaitu Christuan Hadinata, Heriyanto, Eddy Hartono, Rosiana, Carmelita, Helen Paokie, Suzie Ogeh, Rabiah Ibrahim, Erma Sulistianingsih, Imelda Wiguna, Mery Halim, Haritanto Arbi, Lius Ongoh dan Yuni Kartika. Selain jersey dan raket, ada pula penjualan t shirt dengan tanda tangan 6 pebulu tangkis Indonesia yang dijual Rp 1 juta.

"Saya tak bisa membayangkan derita masyarakat yang menjadi korban. Tapi semangat tak boleh mati, ini pesan dari penggalangan dana ini,"kata Hariyanto Arbi, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang juga Ketua KBI.

Arbi menjelaskan, penggalangan dana ini nantinya diharapkan bisa membangun sebuah GOR bulu tangkis. Selain itu, ada pula rencana membangun 3.000 rumah. "Dengan adanya rumah dilengkapi fasilitas olahraga diharapkan bisa meringankan beban korban bencana," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Lebih Banyak GOR

Arbi berharap penggalangan dana tak hanya bisa membangun satu gelanggang olahraga tapi lebih banyak. Dengan demikian, ini juga bisa membantu untuk melahirkan atlet atlet berbakat di Palu dan Donggala.

" Saya berharap atlet atlet berbakat bisa lahir di sini,"katanya

Sementara itu, Liliyana Natsir begitu senang bisa ikut penggalangan dana. Dia melelang jersey dan raket kesayangannya di acara itu.

"Semoga acara lelang ini bisa membantu meringankan beban para korban. Saya melelang raket yang biasa saya pakai dan banyak momen juara yang menyertai raket ini,"kata Liliyana.

3 dari 3 halaman

Terkumpul Rp 2,1 Miliar

Lelang amal ini diikuti sejumlah pengusaha hingga kalangan selebriti, diantaranya Inul Daratista, Abdee Slank dan Olga Lidya yang saling menawar raket dan jersey para pebulutangkis. Angka lelang tertinggi ditorehkan oleh Inul yang membeli raket Jonathan Christie senilai Rp 200 juta.

Sementara itu, jersey Kevin Sanjaya yang dipakai selama ia mengikuti kejuaraan sepanjang tahun 2018 berhasil dilelang seharga Rp 150 juta. Secara keseluruhan, lelang amal ini berhasil mengumpulkan donasi total Rp 2.148.000.000,00.