Sukses

Resmi Dibuka, Timnas Indonesia Nantikan Bakat Kejurnas Voli U-17

Liputan6.com, Jakarta Persaingan yang melibatkan total 32 tim dalam ajang Kejurnas Voli U-17 2018 resmi dimulai Selasa (20/11/2018). Berlangsung di GOR Pasar Minggu, semua peserta pun siap unjuk kebolehan.

Kejurnas Voli U-17 adalah ajang yang digagas Ikatan Atlet Voli Indonesia (IAVI) yang mendapatkan dukungan dari PB PBVSI dan Kemenpora. Bahkan, Kejurnas Voli U-17 sudah masuk dalam kalender resmi PBVSI dalam rangka pembinaan di usia dini.

Ini adalah edisi keempat dari Kejurnas Voli U-17 yang sudah berlangsung sejak 2015. Sebelumnya Kejurnas Voli U-17 digulir di Malang (2015, 2016) dan Yogyakarta (2017). Kali ini, Jakarta yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Saya ucapkan selamat kepada IAVI yang bisa menyelenggaraan hingga edisi keempat dan masuk dalam kalender PBVSI. Kalau sepak bola ada kompetisi usia dini, voli juga harus ada. Mudah-mudahan ini akan terus berjalan dan akan terus kami dukung," ujar Sekretaris Jenderal PBVSI Yudi Sushariyanto yang datang mewakili Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo.

Kejurnas Voli U-17 2018 akan mengikutsertakan 16 tim putra dan 16 tim putri. Tak hanya dari Jawa, peserta juga muncul dari berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Ajang yang akan berlangsung hingga 24 November 2018 ini juga dimanfaatkan untuk mengukur pembinaan yang telah dilakukan di level klub. Di samping itu, tujuan utamanya adalah mencari para atlet muda berbakat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi Kemenpora

Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 63 juta. Pemenang akan diambil dari tim peringkat pertama hingga keempat. Pemain terbaik dari kategori putra dan putri juga akan mendapatkan bantuan uang pembinaan.

"Salut dan apresiasi untuk IAVI. Atas nama pemerintah dan Kemenpora, kami ucapkan terima kasih karena ini sangat membantu kami soal pembinaan. Kita harus punya mimpi jadi yang terbaik di Asia dan dunia. Mari kita tatap dengan semangat luar biasa," timpal Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Nantinya, tim pemenang juga memiliki kesempatan untuk memperkuat timnas voli Indonesia di ajang-ajang kelompok umur. Pasalnya, PBVSI bertekad untuk kali pertama mengirim tim kelompok umur yang bersaing di level Kejuraan Dunia U-19 2019.

Tak hanya menggelar Kejurnas Voli U-17 2018, IAVI juga menjadikan momen ini sebagai ajang reuni bagi para mantan atlet-atlet Indonesia pada 24-25 November 2018. Juga akan ada momen pemberian penghargaan bagi para mantan-mantan atlet nasional.

Untuk melengkapi acara, panpel juga akan menggelar kejuaraan khusus usia 40 tahun ke atas di sektor putri dan 45 tahun ke atas di sektor putra. Total ada 10 tim yang ikut meramaikan untuk kejuaraan kategori ini (4 putri, 6 putra).

Final Liga Champions 2007: AC Milan vs Liverpool
Loading