Sukses

Rapor Pemain Timnas U-19 Indonesia Saat Duel Sengit Lawan Qatar

Timnas U-19 Indonesia kalah 5-6 dari Qatar di Piala AFC.

Jakarta - Timnas U-19 Indonesia memang kalah 5-6 dari Qatar di laga kedua Piala AFC U-19 2018 Grup A, Minggu (21/10/2018). Namun begitu, penampilan yang dipertontonkan para pemain asuhan Indra Sjafri ini begitu luar biasa.

Tertinggal 1-6 lebih dulu dari Qatar, Syahrian Abimanyu dkk tak mau patah arang. Meski terlambat panas, tim besutan Indra Sjafri sempat membuat Qatar jantungan. Pasalnya, timnas U-19 Indonesia berhasil mendekat dan hampir memaksa laga ini berakhir seri.

Namun, hingga 90+5 menit laga usai, upaya Tim Garuda Nusantara untuk menyamakan skor gagal terwujud. Tim Garuda Nusantara pun harus mengakui keunggulan Qatar.

Lantas seperti apa rapor pemain timnas Indonesia U-19 dari sudut pandang pengamat sepak bola nasional asal Jawa Timur, Ferryl Raymond Hattu?

Berikut rapor setiap individu pemain Timnas U-19 Indonesia dari kiper, tengah, depan, hingga cadangan sesuai analisis mantan kapten Timnas SEA Games 1991 itu.

Kiper

M Riyandi

M Riyandi memang kebobolan enam gol di pertandingan ini. Namun, seluruh gol yang disarangkan pemain Qatar bisa dibilang bukan kesalahan Riyandi, tapi pemain tengah dan bertahan timnas.

Riyandi sebetulnya sudah bermain cukup bagus. Minimal, dia mampu menyelamatkan gawang timnas dari kebobolan lebih banyak. Tercatat, ada tiga penyelamatan apik yang dia lakukan sepanjang pertandingan.

Nilai: 6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belakang

Firza Andika

Firza Andika tampil di bawah performa terbaik. Dia gagal membendung serangan yang dilancarkan pemain Qatar. Firza sering kalah duel dan tidak mampu menutup ruang dan pergerakan para penyerang Qatar.

Nilai: 5

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto tampak keteter menghadang laju cepat pemain Qatar. Beberapa kesalahan dia lakukan hingga lahirnya beberapa gol yang dicetak pemain Qatar.

Rian, sapaan Rachmat Irianto, kerap gagal menghentikan laju beberapa pemain lawan, terutama Abdulrasheed yang mencetak tiga gol untuk Qatar di pertandingan ini. Namun, ini bukan semata-mata tanggung jawab Rian, melainkan juga Firza dan dua gelandang bertahan yang gagal memutus aliran bola Qatar.

Nilai: 5

Nurhidayat Haji Haris

Nurhidayat Haji Haris lebih parah. Dia tidak mampu mengantisipasi serangan cepat Qatar. Kalah dalam hal kecepatan, Nurhidayat juga lemah dalam menggalang pertahanan.

Penampilan Nurhidayat sangat buruk di pertandingan ini. Terlalu besar celah di pertahanan timnas menunjukkan Nurhidayat gagal menjalankan tugasnya sebagai kapten sekaligus pemimpin di lapangan.

Nilai: 4,5

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam tidak bermain bagus di laga ini. Dia kerap kerepotan menghadang pergerakan pemain Qatar dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia U-19. Tidak banyak kontribusi Asnawi di pertandingan tersebut.

Nilai: 5

3 dari 4 halaman

Tengah

Luthfi Kamal

Luthfi Kamal tidak mampu berbuat banyak di pertandingan ini. Dia kerap terlambat turun dan menutup ruang bagi pemain Qatar. Hal ini mengakibatkan lini belakang Timnas Indonesia U-19 tampak sangat keropos.

Nilai: 5

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu bermain di bawah performa terbaik sampai menit 60. Namun, permainannya mulai membaik di sisa pertandingan. Hanya, Abimanyu tidak mampu menyelamatkan timnas dari kekalahan.

Nilai: 5

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman tidak banyak berperan di pertandingan ini. Dia tidak mampu melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Qatar. Sepanjang pertandingan, dia hanya mendapatkan satu kesempatan, namun peluang itu gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Nilai: 5

Saddil Ramdani

Saddil Ramdani yang biasanya sangat rajin melakukan penetrasi dari sisi sayap kanan Timnas tampak kesulitan. Aksi serta pergerakannya di sisi kanan lapangan kurang maksimal, sehingga umpan silang dari sisinya relatif minim.

Namun, Saddil mencetak gol spektakuler dari tendangan bebas yang sangat indah. Gol ini pula yang berperan membangkitkan semangat pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya.

Nilai: 6

Egy Maulana Vikri

Tak sesuai ekspektasi, Egy Maulana Vikri yang biasanya memiliki kreativitas tinggi dalam membongkar pertahanan rapat lawan kali ini menurun. Namun bukan karena kesalahan Egy semata, melainkan penurunan penampilan seluruh pemain.

Nilai: 5

4 dari 4 halaman

Depan dan Cadangan

Rafli Mursalim

Dua pertandingan, dua kali pula M. Rafli Mursalim tidak mampu menunjukkan kualitasnya sebagai striker berkualitas. Jarang mendapat bola, Rafli juga tak sekali pun mengancam gawang lawan.

Nilai: 4,5

Cadangan

Indra Mustafa

Masuk di awal babak pertama, Indra Mustafa bermain lebih baik ketimbang Nurhidayat, terutama koordinasi dengan pemain belakang Timnas Indonesia U-19 lainnya.

Sejak masuk ke lapangan, dia hanya sekali melakukan kesalahan yang membuat penyerang Qatar, Abdulrasheed, lepas sendirian.

Tetapi, secara keseluruhan, pertahanan Tim Garuda Nusantara jadi lebih rapi dan rapat sehingga Qatar hanya mampu menambah dua gol di babak kedua.

Nilai: 5

Todd Rivaldo Ferre

Masuk menggantikan Rafli Mursalim, Todd Rivaldo Ferre membuat perubahan besar pada permainan Timnas Indonesia U-19. Lewat aksi individu serta kecepatannya, Todd berhasil membuat Qatar tak berani melakukan serangan frontal seperti sebelum dirinya masuk.

Todd menjadi bintang timnas di pertandingan ini. Namun, hattrick-nya ke gawang Qatar tak mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Nilai: 8

Feby Eka Putra

Feby Eka Putra masuk menggantikan Saddil Ramdani di menit ke-84. Tidak banyak yang bisa ia lakukan selama 11 menit waktu yang ia miliki di pertandingan ini.

Nilai: 5

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.