Sukses

Prediksi PSM Vs Arema: Misi Tekan Persib

Jakarta - PSM Makassar menjadi salah satu tim yang paling dekat untuk menekan posisi Persib di puncak klasemen Gojek Liga 1 bersama BukaLapak. Saat ini, PSM hanya berjarak tiga poin saja dari Persib pada klasemen.

Maka itu, PSM harus menang saat menjamu Arema FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (14/10/2018). Juku Eja wajib meneruskan tren positif selalu menang di tiga partai terakhir Liga 1 termasuk saat mengalahkan Mitra Kukar.

"PSM sangat siap mengalahkan Arema. Kami ingin menjaga posisi di jalur juara," kata pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

Saat ini, Juku Eja hanya tertinggal tiga poin dari pimpinan klasemen sementara, Persib Bandung yang sudah mengemas 44 poin.Menghadapi Arema, Robert kembali bisa memainkan Rizky Pellu, Hasim Kipuw dan Zulham Zamrun yang diparkir saat dijamu Mitra Kukar.

"Kebugaran mereka sudah kembali. Soal mereka tampil atau tidak kita lihat saja perkembangannya," ujar Robert yang memberlakukan latihan tertutup dalam dua hari terakhir.

Di lini belakang, Ardan Aras berpeluang mendampingi Steven Paulle di posisi bek sentral. Mantan bek Timnas Indonesia U-23 ini dinilai tampil bagus saat melawan Mitra Kukar. Apalagi Abdul Rahman belum pulang dari tugasnya bersama tim nasional senior proyeksi Piala AFF 2018.

Khusus di posisi ini, Robert masih memiliki opsi lain pada diri Hendra Wiijaya dan Hasim Kipuw.

"Sejauh ini saya menilai Ardan tampil baik dalam latihan maupun pertandingan. Dia melakukan adaptasi dengan cepat setelah lama tidak bermain," kata Robert.

Sementara di tengah, Rizky Pellu harus berjuang keras untuk kembali masuk dalam daftar starter. Mengilapnya permainan M. Arfan di Tenggarong membuat Robert berniat memberinya kesempatan jadi starter.

Begitu pun di depan, Guy Junior, pencetak dua dari empat gol PSM ke gawang Mitra Kukar lebih berpeluang jadi striker starter dibandingkan Ferdinand Sinaga. Keduanya bersaing mengisi slot kosong yang ditinggalkan Alessandro Ferreira Leonardo yang memenuhi panggilan Timnas Hong Kong.

 

2 dari 3 halaman

Lesu Tanpa Aremania

Arema FC punya hasrat ingin memperbaiki catatan laga tandang musim ini. Misi itu dibawa ketika mereka menghadapi tuan rumah PSM Makassar nanti (14/10/2018). Sang pelatih Milan Petrovic melihat ada potensi dalam skuatnya untuk mendapatkan poin.

Tanpa memandang enteng tuan rumah, Milan melihat anak buahnya punya energi baru setelah memenangi duel penuh gengsi lawan Persebaya Surabaya pekan lalu.

“Sekarang situasi tim kami ingin terus mendapatkan poin. Meskipun tim ini berangkat ke Makassar juga tidak dengan skuat lengkap. Karena ada dua pemain ke timnas (Dedik Setiawan dan Alfin Tuasalamony) dan beberapa yang cedera. Tapi sekarang kami akan perbaiki catatan statistik tandang,” kata pelatih asal Slovenia tersebut.

Sebelumnya, Arema sudah menjalani 12 laga tandang. Hanya tiga pertandingan yang bisa membuahkan poin. Yakni saat menang lawan Perseru Serui dan Sriwijaya FC serta hasil imbang lawan Barito Putera. Selebihnya, Arema selalu menelan kekalahan.

“Kami seringkali kalah di kandang lawan karena kebobolan lebih dulu. Selain itu, beberapa pertandingan juga sulit mencetak gol di kandang lawan. Itu yang ingin kami akhiri saat melawan PSM,” lanjut dia.

Namun ada satu hal di luar faktor teknis yang bisa mengurangi mental pemain. Yakni hukuman yang baru saja dijatuhkan kepada Aremania atas insiden di pertandingan sebelumnya lawan Persebaya. Arema kini tidak bisa didampingi Aremania baik saat main di kandang sendiri maupun tandang.

Padahal jelang melawan PSM, Aremania sudah berkumpul di Makassar untuk memberikan dukungan. Tapi setelah sanksi dijatuhkan, mereka urung memberikan dukungan langsung didalam stadion.

“Memang berat bagi kami. Karena Aremania adalah pemain ke-12. sedih rasanya mereka tidak bisa mendukung langsung didalam stadion. Tapi pemain akan berusaha memberikan poin untuk Aremania yang sedang terkena sanksi,” sambung Milan.

Selama persiapan di Malang, Arema melakukan lebih banyak latihan penyelesaian akhir. Meskipun bermain di kandang lawan, mereka akan membuat lini depan tetap tajam. Baik itu lewat skema serangan balik maupun bola mati.

“Terkadang kami bermain luar biasa di kandang lawan, tapi tidak beruntung untuk urusan gol. Sekarang kami sudah siapkan skema baru untuk membuat pemain bisa lebih mudah mencetak gol,” tegas Milan Petrovic.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Pemain PSM

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (Kiper); Zulkifli Syukur, Ardan Aras, Steven Paulle Reva Adi Utama (Belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim (Tengah); M. Rahmat, Guy Junior, Heri Susanto (Depan)

Pelatih: Robert Alberts

Arema FC (4-4-2): Utam Rusdiana (Kiper); Ricky Ohorella, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Jayus Hariono, Hendro Siswanto, Makan Konate (Tengah); Rivaldi Bawuo, Ahmad Nur Hardianto (Depan).

Pelatih: Milan Petrovic

 

 

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Live Streaming Indosiar PSM vs Arema di Liga 1
Artikel Selanjutnya
Komdis PSSI Ganjar Arema dan Aremania Sanksi Berat