Sukses

Juara di Samosir, Aiman Bakal Ikuti GFNY World Championship di New York

GFNY Indonesia kembali mengadakan Asian Championship untuk kedua kalinya.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Aiman Cahyadi dan Yanthi Fuchianty bakal mengikuti Gran Fondo New York (GFNY) yang akan digelar pada Mei 2019 mendatang di New York. Kedua pembalap itu berhak mengikuti lomba di kota di Amerika Serikat (AS) setelah memenangi event cycling marathon bertajuk Gran Gondo New York (GFNY) Indonesia yang digelar di Pulau Samosir, Sumatra Utara, pada 2 September 2018 lalu.

Aiman Cahyadi dengan nomor punggung 739 berhasil menjadi 1st Top Overall Male dengan catatan waktu 04:09:55.7. Disusul oleh Fredrick Murtanu 729 dengan catatan waktu 04:12:11.9dan Taquim 688 dengan catatan waktu 04:12:11.1.

Sedangkan untuk Top 3 Overall Female, diposisi pertama ditempati Yanthi Fuchianty (nomor punggung 740) dengan catatan waktu 04:39:05.4, disusul Rohidah (05:03:15.6) dan Noviana (05:15:56.6)

Seperti diketahui, GFNY Indonesia kembali mengadakan Asian Championship untuk kedua kalinya. Pulau Samosir menjadi pilihan GFNY Indonesia sebagai tempat dilaksanakannya acaratersebut setelah sebelumnya diadakan di Lombok pada tahun 2017.

Kurang lebih 800 peserta dari 24 negra turut berpartisipasi dalam acara ini. Balapan bertajuk "GFNY Indonesia Samosir 2018" ini, starting point dan finish berada di daerah Tuktuk Siadong, Samosir, Sumatra Utara. Peserta start dilepas langsung Bupati Samosir Bapak Rapidin Simbolon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keindahan Danau Toba

Selama balapan, para peserta menikmati perjalanan dengan melewati pemukiman warga serta keindahan alam Samosir dan Danau Toba yang mengelilingi mereka di sepanjang perjalanan.

Sebelumnya, peserta GFNY mendapat sambutan melalui acara Welcome Dinner di Samosir Cottage. Dalam acara ini, atraksi musik dan tarian khas Samosir ditampilkan.

3 dari 3 halaman

Dampak Positif

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik pelaksanaan GFNY. Sebab, sport tourism selalu mampu memberikan dampak positif bagi pariwisata.

“Kementerian Pariwisata selalu mendukung agenda sport tourism. Karena memiliki dampak yang positif bagi perekonomian. Apalagi event ini bertaraf internasional, spending wisatawan saya yakin akan lebih besar. Terlebih mereka bisa menginap hingga tiga hari. Ini bagus buat Danau Toba,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.