Sukses

GFNY Indonesia Samosir 2018: 'Riding in Paradise'

Liputan6.com, Jakarta Gran Fondo New York (GFNY) Indonesia kembali akan digelar. Kali ini penyelenggara memilih salah satu daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, yakni di Samosir, Sumatera Utara. Rencananya, The Global Cycling Marathon Series GFNY Indonesia Samosir 2018 ini akan digelar pada 2 September 2018 mendatang.

Menurut Organizer GFNY Indonesia, Axel Moeller, dalam acara launching GFNY Indonesia Samosir 2018, beberapa waktu lalu, menjelaskan ribuan pembalap baik lokal maupun mancanegara diperkirakan akan mengikuti kegiatan ini.

"Para peserta akan menyusuri tempat indah ini, di pulau yang dikelilingi danau besar, Danau Toba. Riding in Samosir is Riding in Paradise," kata Axel.

Axel Moeller dan organizer sekaligus team leader GFNY Indonesia, Tenne Permatasari, merespon positif acara ini. Meskipun menggelar acara bersepeda di Samosir bukan pertama kali bagipasangan yang sangat mencintai olahraga sepeda ini.

Sebelumnya event Toba Audax juga pernah diusung Axel Moeller. Selain Lombok Audax yang sempat mencuri perhatian pecinta road bike karena konsepnya yang menarik.

Pada kesempatan itu, Tenne Permatasari, juga menginformasikan soal persiapan GFNY Indonesia Samosir. “Pengamanan dan koordinasi untuk clear jalan adalah prioritas persiapan saat ini. Pemkab Samosir sudah welcome. Tes rute akan diadakan di bulan April. Peserta dapat daftar untuk ikut test rute ini,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Olahraga dan Pariwisata

Sambutan hangat juga ditunjukkan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, dengan rencana helatan perpaduan olahraga dan pariwisata ini. Hal ini juga diperlihatkan bupati yang menyempatkan diri mengunjungi peserta GFNY Bali 2018 di Sanur, pada 3 Februari lalu. Bahkan, saat itu mantan Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon, juga ikut hadir menyapa peserta GFNY Bali.

Rapidin Simbolon menyampaikan bahwa seluruh elemen pemerintahan Samosir siap menyambut seluruh peserta GFNY Indonesia Samosir 2018. Ia menyatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa dukungannya, berupa pengamanan jalan, persembahan acara tradisional seperti tari-tarian khas daerah, welcome dinner dan buffet after race.

"Sekarang sudah ada penerbangan yang langsung sampai ke Samosir, yaitu Bandara Silangit," kata Bupati. "Penginapan sudah kita siapkan dengan nuansa rumah tradisional. Fasilitasnya sudah lengkap dan nyaman. Transportasi ke Samosir juga sudah mudah dan banyak alternatifnya."

3 dari 3 halaman

GFNY di Indonesia ke-4

Sekadar catatan, acara di Samosir ini adalah GFNY di Indonesia ke-4 yang diadakan oleh Organizer Axel Moeller. Acara pertama digelar pada 2016, dilanjutkan GFNY Indonesia kedua pada 2017, yang sekaligus GFNY Asia Champhionsip 2017.

Event ketiga adalah GFNY Bali 2018, dan keempat GFNY Indonesia Samosir 2018, yang juga sekaligus GFNY Asia Champhionship 2018.

Setelah pertama kali masuk ke Asia, kemudian dibawa Axel Moeller ke Indonesia, GFNY yang berpusat di New York ini membuat negara tetangga Malaysia tertarik. Mereka mengadakan GFNY Malaysia 2017.

Gelapkan Pajak, Ronaldo Dihukum Penjara 23 Bulan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cuaca dan Lintasan Bakal Jadi Lawan Berat Peserta GFNY Bali