Sukses

Uccio Kenang Momen Emosional ketika Rossi Pindah ke Yamaha

Rossi pindah ke Yamaha pada 2004 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Alessio "Uccio" Salucci mengenang momen emosional saat sahabatnya Valentino Rossi memutuskan pindah dari Honda ke tim Yamaha pada 2004 lalu. Salah satu hal yang masih dikenangnya hingga saat ini ketika pacar Francesca Sofia Novello itu menjalani balapan pertamanya dengan motor M1.

Rossi memutuskan meninggalkan tim Honda dan memilih bergabung bersama tim Yamaha, yang terakhir meraih juara dunia pada tahun 1992 melalui pembalap Wayne Rainey.

Pembalap berjuluk The Doctor tidak pindah ke tim Garpu Tala sendirian. Ia juga membawa Jerremy Burgess, kepala mekaniknya yang dahulu menangani Mick Doohan dan Alex Criville.

Uccio menjelaskan Rossi dan Burgess melakukan serangkaian tes untuk membenahi teknologi motor Yamaha YZR-M1. Ini dilakukan agar Rossi mampu menandingi motor terkuat di MotoGP saat itu, RC211V milik Honda. Balapan pertama pun menjadi hal yang sangat menegangkan buat sahabatnya tersebut.

Tapi Rossi mampu memberikan kemeriahan di garasi tim Yamaha lantaran ia mampu menyentuh garis finis pertama saat menjalani balapan seri perdana di GP Welkom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Uccio

"Saya memiliki momen yang sangat emosional dengan Valentino pada balapan pertamanya dengan M1. Ketika kami pertama kali menang di Welkom pada tahun 2004, kami mengalami musim dingin yang penuh tekanan dan harapan di belakang kami," ungkap Uccio dikutip dari Speedweek, Senin (3/9/2018).

"Tetapi setelah melewati tes pertama dengan Yamaha, saya memiliki memori yang bagus. Valentino mampu bangkit dengan Yamaha, menatap mataku dan berkata 'Kita bisa melakukannya'. Para insinyur Jepang menatapku dan mencoba untuk mencari tahu apa yang dia katakan," kenang Uccio.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.