Sukses

Akademi Basket U-13 Wakili Indonesia di Kancah Internasonal

Liputan6.com, Jakarta Akademi bola basket U-13, DBL Academy Selection Team U-13 telah berangkat menuju Bangkok, Thailand, pada Jumat (10/8/2018) untuk bertanding di ajang International Junior Basketball Thailand Cup U-13 2018. Kompetisi ini akan digelar pada 11-15 Agustus 2018 di Dhurakij Pundit University, Bangkok, Thailand. DBL Academy Selection Team U-13 menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di kompetisi internasional tersebut.

Keberangkatan DBL Academy Selection Team U-13 merupakan kontribusi DBL Academy, sekolah basket yang didirikan DBL Indonesia untuk mengembangkan fundamental basket sejak usia dini.

Dari total 100 murid, terpilih sebelas putra dengan skill terbaik. Penilaian diambil berdasarkan prestasi mereka selama berlatih di DBL Academy.

Sebelas pemain akan didampingi Erwin Triono sebagai pelatih, satu orang asisten pelatih, dua orang official, serta tujuh orang tua pemain.

"Ini adalah momen yang sangat berharga bagi saya dan keluarga. Bahkan sangat bersejarah. Saya bangga anak saya bisa bermain mewakili Indonesia di kancah internasional," ujar Tony Linardi, ayah dari Richie Bertrand Linardi, salah seorang anggota DBL Academy Selection Team U-13 dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Tony sudah mendaftarkan putranya ke DBL Academy sejak dua tahun lalu.

2 dari 3 halaman

8 Peserta

Kompetisi ini diikuti delapan tim putra dan empat tim putri dari empat negara. Yakni Indonesia, Thailand, Laos, dan Taiwan.

Intan Permatasari selaku Business Development Manager PT DBL Indonesia, menuturkan, sangat bangga dengan DBL Academy Selection Team U-13 yang akan membawa nama Indonesia di kancah internasional.

"Tentu kami bangga, DBL Academy sendiri dianggap sebagai representasi dari pendidikan basket di Indonesia. Kami tak akan sia-siakan kesempatan ini," kata Intan.

Intan juga berharap dengan adanya kompetisi internasional tersebut, bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi anak-anak DBL Academy untuk menghadapi kompetisi level dunia. "Ini merupakan kali pertama DBL Academy ikut di kompetisi internasional. Yang perlu digaris bawahi adalah dengan ini mereka bisa mendapat pengalaman bertanding di level internasional dengan anak seusianya," tambahnya

Persiapan DBL Academy Selection Team U-13 terbilang singkat, namun tetap efektif. Setidaknya sepuluh hari setelah undangan datang dari International Junior Basketball Thailand, intensitas latihan tim makin diperkuat. "Kami fokus pada individual skill pemain. Selain itu, kami juga ajarkan pada pemain muda ini agar tahu hal-hal penting yang perlu dilakukan saat bertanding di lapangan," jelas coach Erwin Triono.

Antusiasme menghadapi momen ini juga dirasakan para pemain. Mereka begitu semangat untuk tampil di pertandingan berskala internasional pertamanya. "Kami sudah benar-benar siap buat berangkat ke Thailand. Apalagi kita membawa nama Indonesia. Ini pengalaman yang nggak bakal bisa aku lupakan seumur hidupku!" tutur Raditya Dwi, salah seorang anggota  DBL Academy Selection Team U-13 dari SD Muhammadiyah 5 Surabaya.

3 dari 3 halaman

DBL Academy Selection Team

No          Nama    Sekolah

1              Bradley Nathaniel / Wijaya Singapore National Academy

2              Michael Morino / SMP Cita Hati West

3              Joshua Estrada / SMP IPH West

4              Keane Areliano / SD Mimi School

5              Kennie Elbert Kristanto / SMP IPH West

6              Revaldo Dwiki Rafael Sulistio / SMP Muhammadiyah 5

7              Raditya Dwi / SD Muhammadiyah 15

8              Richie Bertrand Linardi / SMP IPH West Surabaya

9              Raffi Abizar / SMP Muhammadiyah 5

10            I Nyoman Raditya Nareswara / SMP Santa Maria

11            Nicolas Zhu / Anugerah Pekerti

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Artikel Selanjutnya
DBL Academy U-13 Siap Bertanding di Thailand
Artikel Selanjutnya
Koleksi Seru Hasil Kolaborasi Antara Bintang Basket Shaquille O'neal, Victoria Beckham dan Reebok