Sukses

MotoGP: Smith Berharap Jadi Penguji Motor Rossi

Smith pesimistis bisa mempertahankan kursi pembalap di tim KTM pada MotoGP 2019.

Liputan6.com, Berlin - Bradley Smith mengatakan akan mengubah fokusnya untuk kembali ke kejuaraan MotoGP pada 2020. Ini setelah peluangnya untuk tetap mempertahankan kursi pembalap di tim KTM pada tahun depan sudah tertutup.

Tim KTM jauh sebelumnya sudah mengonfirmasi susunan pembalap yang akan bertarung dalam MotoGP 2019. Johann Zarco dan Pol Espargaro yang bakal menunggangi motor KTM.

Semula Smith cukup tenang lantaran dia sempat digosipkan akan bergabung dengan tim SIC Angel Nieto. Tapi, tim satelit itu lebih memilih Fabio Quartararo sebagai pembalap mereka.

Jika tidak ada yang menampungnya di tahun depan, Smith berharap sudah menemukan tim baru pada musim MotoGP 2020.

"Kemungkinan untuk berada di grid pada 2019 hanya 1%. Saya harus melihat opsi lain yang ada sekarang. Terima saja bahwa target untuk kembali (ke MotoGP -red) datang di 2020," kata Smith seperti dikutip dari Autosport, Minggu (22/7/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Penguji

Dengan kondisi demikian, Smith hanya punya peluang terbaik, yakni sebagai pembalap penguji di tim Yamaha. Artinya, selama absen balapan musim depan, dia berkesempatan mempelajari motor yang digunakan oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

"Posisi itu (pembalap penguji -red) bukan sesuatu yang saya hindari. Bekerja bersama Maverick Vinales dan Valentino Rossi akan menjadi sebuah hal bagus untuk karierku," tuturnya.

3 dari 3 halaman

MotoGP 2018

Sekadar informasi, pada paruh pertama musim ini, Smith hanya menempati posisi ke-19. Finis terbaiknya terjadi saat masuk 10 besar pada balapan teranyar MotoGP Jerman.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.