Sukses

Coutinho Jadi Warga Portugal, Barcelona Dapat Keuntungan

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona mendapat keuntungan berkat status warga negara Philippe Coutinho. Mantan pemain Liverpool itu segera mengantongi status warga Uni Eropa.

Coutinho mendapatkan status sebagai warga negara Portugal lewat proses naturalisasi.

Seperti diketahui, Coutinho adalah pemain yang lahir dan besar di Brasil. Coutinho pun selama ini jadi pemain andalan timnas Brasil, termasuk di Piala Dunia 2018.

Namun, karena boleh memiliki status warga negara ganda, maka Coutinho pun melakukan naturalisasi. Praktik ini jamak dilakukan oleh pemain-pemain yang berkiprah di Eropa dan mendapatkan dukungan dari klub.

Menurut laporan dari Marca, Coutinho bisa mendapatkan status warga negara Portugal lewat jalur istrinya yang bernama Aine.

Lewat jalur pernikahan tersebut, Coutinho kemudian mengajukan kewarganegaraan Portugal. Barcelona sebagai pihak klub yang menaungi Coutinho memberikan dukungan penuh. El Azulgrana turut membantu segara proses administrasi yang diperlukan.

Coutinho akan resmi menjadi warga negara Portugal sebelum musim 2018/2019 dimulai. Marca menyebut proses naturalisasi Coutinho akan rampung pada sebelum 12 Agustus mendatang.

1 dari 3 halaman

Keuntungan Barcelona

Setelah mengantongi status warga negara Portugal, Coutinho bisa didaftarkan oleh Barcelona sebagai pemain Uni Eropa. Jadi, dia tidak akan lagi mengambil jatah tiga pemain asing non Uni Eropa, yang merupakan jatah maksimal boleh didaftarkan.

Dengan begitu, maka Barcelona tentu saja sangat diuntungkan. Blaugrana bisa mendatangkan satu amunisi tambahan yang berasal dari negara-negara non kawasan Uni Eropa.

Sebab, saat ini baru ada dua pemain dalam skuat Barcelona yang berstatus non Uni Eropa. Dua pemain tersebut Arthur Melo dan Yerry Mina. Sesuai dengan aturan, maka Barcelona bisa menambah satu pemain lagi.

2 dari 3 halaman

Tetap Bela Timnas Brasil

Meskipun sudah menyandang status warga negara Portugal, Coutinho tak serta merta akan menjadi pemain timnas Portugal. Dia tidak akan menjadi rekan satu tim Cristiano Ronaldo di Portugal. Sebab, Coutinho sudah tercatat sebagai pemain Brasil di level senior.

 

Sumber: Bola.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kalahkan Ronaldo, Messi Jadi Pesepak Bola Paling Tajir
Artikel Selanjutnya
Barcelona Raih Rekor Pendapatan di musim 2017-2018