Sukses

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Renovasi Rumah Zohri

Zohri menjadi juara dunia lari 100 meter U-20.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bangga dengan prestasi pelari Lalu Muhammad Zohri yang berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter putra U-20. Jokowi berjanji akan merenovasi tempat tinggal Zohri.

Seperti diketahui, Zohri membuat kejutan di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (117/2018) malam waktu setempat. Zohri mencatatkan waktu 10,18 detik mengungguli dua pelari asal Amerika Serikat. 

Dibalik kesuksesan Zohri terdapat kisah pilu. Zohri merupakan yatim-piatu dia tinggal di rumah reyot peninggalan orang tuanya di di Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Dia menjadi yatim piatu setelah ibunya, Saeriah, meninggal saat Zohri masih SD. Kemudian, sang ayah, Lalu Ahmad Yani, meninggal pada 2017 lalu.

Ditinggal orangtua, Zohri hidup bersama dua kakaknya, Baiq Fazilah (29) dan Lalu Ma'rib (28). Seorang kakaknya lagi, Baiq Fujianti, sudah almarhum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Renovasi

Mengetahui kesulitan yang dihadapi Zohri, Jokowi langsung menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk merenovasi atlet 18 tahun itu.

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi, kita dapat melihat bagaimana Zohir tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk merenovasi rumahnya di Lombok," kata Jokowi dalam pernyataan tertulis di Jakarta Jumat (13/7/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.