Sukses

Penyebab Timnas Indonesia U-19 Kalah dari Thailand U-19

Liputan6.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 menyelesaikan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018 dengan kekalahan. Skuat berjuluk Garuda Nusantara itu takluk 1-2 dari Thailand.

Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018), Nattawut Chootiwat (40) dan Matee Sarakum (49) membuat Timnas Indonesia U-12 tertinggal dua gol. Garuda Nusantara hanya mampu membalas sekali via Rifad Marasabessy tujuh menit sebelum pertandingan berakhir.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri membeberkan penyebab kekalahan timnya dari Thailand pada laga pamungkas Grup A turnamen yang disiarkan langsung dan eksklusif di Indosiar itu. Menurutnya, Saddil Ramdani dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan elementer di babak pertama.

"Ya memang kita banyak kehilangan fokus bukan tidak bukan itu, lebih tepatnya kita pada babak pertama tadi banyak membuat kesalahan individu dan berhasil dimanfaatkan oleh Thailand," ujar Indra pada konferensi pers setelah pertandingan.

Timnas Indonesia U-19 memang kalah secara statistik dari Thailand di 45 menit awal. Garuda Nusantara hanya mampu mencatatkan 41 persen penguasaan bola. Mereka bahkan tidak sekali pun tercatat melakukan upaya percobaan tendangan ke gawang lawan.

1 dari 3 halaman

Dominasi Babak Kedua

Permainan Timnas Indonesia U-19 meningkat drastis di babak kedua. Thailand acap kali dikurung setengah lapangan.

Buktinya, Timnas Indonesia U-19 mampu mencatatkan 52 persen penguasaan bola. Selain itu, Garuda Nusantara juga berhasil melancarkan 16 tendangan, dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.

"Andaikan permainan kita di babak pertama tadi seperti babak kedua tadi. Mungkin jalannya pertandingan akan berbeda lagi," kata Indra.

2 dari 3 halaman

Tunggu Lawan

Kekalahan dari Thailand membuat peringkat Timnas Indonesia U-19 turun ke posisi kedua dengan 12 poin dari lima partai. Garuda Nusantara kini tengah menunggu juara Grup B di babak semifinal.

"Kami tinggal menunggu siapa juara di Grup B yang menjadi calon lawan kita di babak semifinal. Siapa pun lawan kita, semua pemain siap. Siapa pun calon lawannya nanti," imbuh Indra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Lechia Gdansk Resmi Pinang Egy Maulana hingga 2021
Artikel Selanjutnya
Dikalahkan Thailand, Timnas Indonesia U-19 Tergusur dari Puncak Grup A