Sukses

Firmino Beri Timnas Brasil Tambahan Opsi Taktik

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Brasil Tite mengungkapkan bahwa kehadiran Roberto Firmino membuatnya memiliki tambahan opsi strategi permainan.

Firmino ikut dibawa ke Rusia oleh Tite. Akan tetapi, sejauh ini ia masih jadi pelapis saja bagi striker yang lebih muda darinya, Gabriel Jesus.

Sejauh ini Tite memang sudah memainkannya dua kali di Piala Dunia 2018. Akan tetapi ia masuk sebagai pemain pengganti saja.

Di laga kontra Swiss, ia dimasukkan pada menit 79, menggantikan Jesus. Kemudian di pertandingan lawan Kosta Rika, ia masuk pada menit 68, menggantikan Paulinho.

Di pertandingan lawan Kosta Rika ini, Firmino langsung memberikan efek positif. Ia mampu membantu Timnas Brasil merusak pertahanan tim lawan yang berlapis-lapis.

Ia pun ikut berperan dalam gol yang dicetak oleh Philippe Coutinho pada menit 91. Timnas Brasil sendiri kemudian menang 2-0 berkat tambahan satu gol dari Neymar.

Kemenangan itu membuat Brasil memuncaki klasemen Grup E. Tim Samba saat ini mengemas empat poin dari dua laga.

 

1 dari 2 halaman

Pujian Tite

Tite mengaku dirinya masih belum benar-benar mengenal gaya main Firmino. Akan tetapi pelatih 57 tahun ini mengklaim mulai bisa menemukan sejumlah potensi taktik yang bisa digunakannya jika ia memainkan pemain 26 tahun itu bersama Jesus.

"Saya tidak melatih Firmino untuk bermain bersama Jesus. Saya hanya mengatakan kepadanya itu adalah sebuah kemungkinan, saya menunjukkan kepadanya papan taktik dan mengatakan di mana saya mengharapkan ia untuk memposisikan dirinya lawan barisan pertahanan Kosta Rika yang memakai lima defender. Ia tersenyum kepada saya dan mengatakan ya saya bisa lakukan itu profesor," ucapnya seperti dikutip akun Twitter @BrazilStat.

"Saya masih menemukan karakteristik-karakteristik baru dalam diri Firmino. Keatletisan dan kondisi fisiknya memberi saya beberapa kemungkinan (dalam meramu taktik)," sambung Tite.

Firmino dipanggil ke timnas Brasil secara reguler berkat permainannya yang brilian bersama Liverpool, khususnya di musim 2017-18 kemarin.

Di musim itu, Firmino dimainkan sebanyak 54 kali di semua ajang kompetisi. Ia mengemas 27 gol dan 17 assist.

Jumlah gol itu merupakan yang tertinggi yang pernah diraihnya dalam semusim di sepanjang karirnya. Dengan performanya yang tak kenal lelah, Firmino sukses mengantarkan The Reds masuk final Liga Champions, meski akhirnya dikalahkan Real Madrid.

Sumber: bola.net

Artikel Selanjutnya
Coutinho Puji Kesabaran Timnas Brasil
Artikel Selanjutnya
Neymar Ungkap Makna Tangisan Setelah Timnas Brasil Bungkam Kosta Rika