Sukses

Disanksi AFC 6 Bulan, Daryono Absen Perkuat Persija Hingga Akhir Musim?

Persija banjir hukuman dari AFC.

Liputan6.com, Jakarta - Petualangan Persija Jakarta di AFC Cup 2018 memang telah usai. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut masih harus menanggung hukuman buntut dari berbagai insiden yang terjadi pada kejuaraan kasta kedua di Asia itu.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), menghukum Persija dengan lima jenis pelanggaran. Salah satunya terhadap kiper Daryono, yang mendapatkan kartu merah kala Macan Kemayoran takluk 1-3 dari wakil Singapura, Home United, pada babak semifinal leg kedua AFC Cup Zona ASEAN, 15 Mei lalu.

Protes Daryono terhadap wasit membuahkan hukuman larangan bertanding selama enam bulan, yang berlaku pada 4 Juni hingga 3 Desember 2018. Selain itu, penjaga gawang berusia 24 tahun ini juga diskors satu pertandingan dan denda sebesar USD 5 ribu atau setara dengan Rp 69 juta.

Yang menjadi pertanyaan, apakah hukuman untuk Daryono juga berlaku di kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak bersama Persija? Menilik pada kasus yang sama. Kiper Johor Darul Ta’zim (JDT), Mohd Farizal Marlias disanksi AFC setahun larangan bermain, yang diringkankan menjadi delapan bulan, setelah melancarkan protes berlebihan di kejuaraan yang sama pada tahun lalu.

Hukuman untuk Fahrizal tersebut berlaku di seluruh kompetisi yang berada di bawah AFC. Akibatnya, penjaga gawang berusia 31 tahun itu juga tidak dapat memperkuat JDT di sisa kompetisi Liga Super Malaysia pada musim lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Daryono?

Direktur Utama Persija, I Gede Widiade mengatakan, bahwa hukuman untuk Daryono hanya berlaku di AFC Cup. Pengusaha asal Jawa Timur itu beranggapan, lantaran sang kiper tidak bermain pada partai itu, maka kasusnya berbeda dengan Fahrizal.

"Tidak, (sanksi) ini hanya untuk AFC saja. Ini kan (Daryono) tidak bermain. Kiper JDT itu kan pelanggaran waktu bermain. Ini kan (Daryono) tidak main. (Kami) sudah mendapatkan salinan hukumannya," ujar Gede ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (13/6/2018).

3 dari 3 halaman

Rebut Posisi Utama

Di awal musim, Daryono hanya berstatus kiper ketiga Persija di bawah Andritany Ardhiyasa dan Rizky Darmawan. Namun setelah Andritany cedera dan Rizky kerap blunder, Daryono mulai dipercaya pelatih Stefano Cugurra Teco untuk mengawal gawang Macan Kemayoran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.