Sukses

Rekor Gol Just Fontaine yang Sulit Dipecahkan di Piala Dunia

Jakarta Striker tim nasional Prancis, Just Fontaine, pernah menorehkan catatan gemilang pada Piala Dunia 1958. Rekor tersebut akan sulit dipecahkan oleh pemain manapun.

Pada 1958 di Swedia, Fontaine mencetak 13 gol dari enam pertandingan bersama Prancis di Piala Dunia. Hingga kini, belum ada satu pun pemain yang mampu melebihi catatan gol Fontaine dalam satu turnamen.

Namun siapa sangka, pencapaian tersebut terjadi berkat sebuah pengorbanan besar. Bahkan, Fontaine hampir tidak bisa berlaga di Piala Dunia 1958.

"Pada 1958, saya hanya bermain sekali pada 15 Februari setelah menjalani operasi lutut pada 7 Desember (tahun sebelumnya)," kata Fontaine kepada FIFA.com pada 2014.

"Saya perlu bermain kembali. Saat Juni tiba, saya mengalami keajaiban, seperti bisa berjalan di atas air," lanjut Fontaine.

Namun kegemilangan Fontaine tidak berujung trofi untuk Prancis. Les Blues hanya menempati peringkat ketiga, setelah kalah dari Brasil di semifinal yang akhirnya keluar sebagai juara.

 

2 dari 3 halaman

Pinjam sepatu

Tidak hanya itu cerita unik yang mengiringi perjalanan Fontaine di Piala Dunia 1958. Satu hal menarik lain mengenai sepatu sepak bola.

Percaya atau tidak, Fontaine ternyata lupa membawa sepatu sepak bola pada Piala Dunia 1958. "Senjata" tersebut tertinggal saat sesi latihan terakhir Prancis sebelum bertolak ke Swedia.

"Kami hanya memiliki dua pasang sepatu sepak bola. Saat itu, tidak ada sponsor (seperti sekarang)," ujar Fontaine.

Beruntung, rekan setimnya, Stephane Bruey, memiliki ukuran sepatu yang sama dengan Fontaine. Bruey meminjamkan satu pasang sepatunya kepada Fontaine.

"Beberapa gol saya terinspirasi oleh dua hal gaib yang berkumpul di dalam sepatu yang sama," canda legenda Prancis yang kini berusia 84 tahun itu.

3 dari 3 halaman

Catatan gol Fontaine

Berikut ini adalah catatan gol Just Fontaine pada Piala Dunia 1958:

Fase Grup

  • 3 gol - Prancis 7-3 Paraguay
  • 2 gol - Prancis 2-3 Yugoslavia
  • 1 gol - Prancis 2-1 Skotlandia

Perempat final

  • 2 gol - Prancis 4-0 Irlandia Utara

Semifinal

  • 1 gol - Prancis 2-5 Brasil

Perebutan tempat ketiga

  • 4 gol - Prancis 6-3 Jerman Barat

Sumber: FIFA.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Pertandingan Uji Coba Internasional, Sabtu (2/6/2018)
Artikel Selanjutnya
Saatnya Pogba Jadi Pemimpin Timnas Prancis