Sukses

Bomber Naturalisasi Sulit Ikuti Irama Darah Muda Timnas Indonesia U-23

Alberto Goncalves mengingatkan betapa pentingnya Timnas Indonesia U-23 untuk mengatur tempo.

Liputan6.com, Jakarta Peran 6 pemain senior dalam skuat Timnas Indonesia U-23 yang akan melakoni uji coba melawan Thailand bukan hanya meningkatkan kualitas belaka. Mereka juga punya kewajiban untuk membimbing para darah muda yang minim pengalaman.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas, memanggil enam pemain senior, yakni Muhammad Ridho Djazulie, Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Riko Simanjuntak, Alberto Beto Goncalves, dan Lerby Eliandry. Keenamnya akan memperkuat Garuda Muda ini dalam dua uji tanding melawan Thailand, 31 Mei dan 3 Juni 2018.

Dari keenam nama tersebut, Beto merupakan pemain yang paling senior. Usianya telah menginjak 37 tahun. Bomber naturalisasi ini sudah kenyang makan asam garam sepak bola nasional. Mendapatkan panggilan pertama berseragam Garuda di dada, Beto bermaksud untuk berbagi pengalaman dengan para pemain muda.

Beto tidak bermaksud untuk mengubah gaya permainan Timnas Indonesia U-23, namun untuknya, permainan terburu-buru tidak akan efektif untuk membongkar pertahanan lawan. Eks bomber Persipura Jayapura itu ingin membantu sekaligus mengingatkan para pemain muda betapa pentingnya memulai serangan secara terorganisir.

"Karena banyak pemain muda. Kita sebagai pemain senior, bantu atur tempo, tenang, membawa (bola) dulu, bernapas, kalau kita ikut tempo mereka, sulit," ujar Beto.

Selama ini, Timnas Indonesia U-23 sering memainkan bola dari kaki ke kaki, dan menerapkan permainan cepat. Buat Beto, cara ini kurang tokcer diimplementasikan untuk pemain senior seperti dirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbicara dengan Milla

Timnas Indonesia U-23 telah menggelar latihan untuk persiapan menghadapi Thailand pada Kamis (31/5/2018) di PTIK. Latihan tersebut berlangsung di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Untuk pertama kalinya, Milla memimpin Beto di dalam latihan. Obrolan pertamanya dengan arsitek asal Spanyol tersebut ialah sebuah kalimat motivasi untuk menghadapi Thailand.

"Dia (Milla) cuma kasih tahu, ayo kita main lepas saja. Jangan yang aneh-aneh. Jadi, anak-anak akan bantu kita di lapangan, karena mereka punya hati baik. Keluarkan kemampuan kalian," tutur pemain Sriwijaya FC ini.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23

Kamis, 31 Mei 2018

Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand

Stadion PTIK, Jakarta Selatan

Live RCTI Pukul 21:15 WIB

Minggu, 3 Juni 2018

Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand

Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini