Sukses

3 Pemain Terbaik Pekan Ke-6 Liga 1

Liputan6.com, Jakarta Pekan keenam kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak telah rampung. Sebanyak delapan partai digelar, kecuali pertarungan Persija Jakarta melawan Persib Bandung yang diundur hingga 30 Juni 2018.

Kekalahan 1-3 dari Arema FC tidak menggoyahkan posisi Persipura Jayapura sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1. Pasalnya kecuali Persija di peringkat kedua, Madura United dan PSM Makassar sebagai pesaing terdekat tidak mampu meraih poin penuh.

Arema FC berhasil memetik kemenangan perdana di musim ini setelah mengalahkan Persipura. Namun, perolehan tiga angka belum mampu membawa tim berjuluk Singo Edan tersebut keluar dari zona degradasi. Dendi Santoso dan kawan-kawan naik satu peringkat ke posisi 17.

Sementara itu, Bali United menerima kekalahan perdananya di Liga 1. Adalah PS Tira, yang membuat armada Widodo C. Putro itu bertekuk lutut dengan skor 2-1.

Status sebagai juara musim lalu membuat Bhayangkara FC memikul ekspektasi tinggi di Liga 1 tahun ini. Ternyata, tekanan tersebut berbuah hasil buruk untuk pasukan Simon McMenemy. Kesebelasan dengan sebutan The Guardian itu kian terpuruk di ranking ke-15 setelah tumbang 1-3 dari Barito Putera.

Liga 1 pekan keenam banyak menyuguhkan kejadian menarik. Tidak hanya itu, beberapa kejutan juga tercipta. Berikut tiga pemain terbaik minggu ini:

2 dari 4 halaman

Gustavo Lopez

'Gustavo Lopez is back!' Begitu kira-kira ungkapan yang keluar dari mulut pelatih PS Tira, Rudy Eka Priyambada, ketika timnya mampu mengalahkan Bali United 2-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Senin (30/4/2018). Bagaimana tidak, gelandang asal Argentina tersebut mampu berkontribusi terhadap dua gol timnya.

Gustavo menjadi kreator gol pertama tim berjuluk The Young Warrior ini. Umpan sepak pojoknya mampu dimanfaatkan oleh Wawan Febrianto untuk menggetarkan gawang Bali United di menit ke-34.

Keunggulan PS Tira hanya berlangsung beberapa detik. Bali United berhasil membalas lewat Stefano Lilipaly di menit ke-35.

Saat pertandingan diperkirakan berakhir imbang, Gustavo datang untuk menjadi pahlawan PS Tira. Sepakan bebasnya di menit ke-81 mengalir deras ke gawang Bali United.

Melawan Bali United juga merupakan partai penuh pertama Gustavo di musim ini. Dalam empat pertandingan sebelumnya, eks Arema FC ini gagal bermain sepanjang 90 menit.

3 dari 4 halaman

Dedik Setiawan

Arema FC harus berterima kasih kepada Dedik Setiawan. Berkat dua golnya, tim berjuluk Singo Edan tersebut mampu memetik kemenangan perdana di musim ini dengan mengalahkan Persipura 3-1.

Hasil tersebut membuat Arema FC tidak lagi berstatus sebagai juru kunci klasemen. Armada Joko Susilo itu naik satu peringkat ke posisi 17 dengan poin lima.

Dedik mengukir dua gol terakhir Arema FC ke gawang Persipura di menit ke-47 dan 71. Adapun, gol pertama Singo Edan dicatatkan oleh Rivaldi Bawuo di menit ke-45.

Sejauh ini, Dedi telah mengukir lima partai bersama Arema FC, dengan dua di antaranya sebagai starter. Penyerang berusia 23 tahun tersebut mampu membukukan dua gol.

4 dari 4 halaman

Fernando Rodriguez

Fernando Rodriguez Ortega berhasil menyumbangkan dua dari tiga gol berbalas satu kemenangan Mitra Kukar atas Persebaya Surabaya di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (29/4/2018). Bomber asal Spanyol tersebut kini berstatus sebagai top scorer sementara Liga 1 bersama Ezechiel N'Douassel (Persib Bandung) dengan enam gol.

Yang menarik dari Rodriguez di musim ini ialah sang pemain selalu mencetak dua gol setiap kali menggetarkan gawang lawan. Sumbangsih pemain berusia 30 tahun ini tercatat saat melawan Arema FC (2 gol), Madura United (2 gol), dan Persebaya (2 gol).

Kesuburan Rodriguez bersama Mitra Kukar tidak hanya terjadi di Liga 1. Kala tampil di Piala Presiden, ia mampu melesakkan empat gol dari empat pertandingan.

Rodriguez melanjutkan catatan striker ganas yang dimiliki Mitra Kukar di setiap musimnya. Tim berjulukan Naga Mekes tersebut pernah mempunyai Merclei Cesar yang membukukan 24 gol di tahun lalu.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Babak Belur di Markas PSM, Arema FC Bertekad Bangkit di Sisa Tur Tandang
Artikel Selanjutnya
Drama 8 Gol, PSM Makassar Hancurkan Arema FC