Sukses

Bobotoh Lakukan Pelemparan, Persib Didenda Komdis PSSI

Dalam kurun waktu seminggu, Persib dua kali mendapat hukuman dari Komdis.

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung kembali terkena getah ulah suporternya, Bobotoh. Tim berjuluk Pangeran Biru itu mendapat hukuman yang kedua kalinya dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Bobotoh terbukti melakukan pelemparan botol air mineral saat Persib bertanding melawan Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 8 April 2018. Dalam suratnya Komdis menyebut, Pangeran Biru melanggar pasal mengenai tingkah laku buruk suporter.

Lewat surat keputusan Komite Disiplin PSSI bernomor 009/L1/SK/KD-PSSI/IV/2018, bertanda tangan Ketua Komdis PSSI, tertanggal 11 April 2018, tentang tingkah laku buruk suporter, Persib dijatuhi hukuman berupa denda sebesar Rp 45 juta. Pangeran Biru terbukti melakukan pelanggaran pasal 70 ayat (1) lampiran satu pasal 41 kode disiplin PSSI.

"Bahwa tanggal 8 April 2018 bertempat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung telah berlangsung pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung dan Mitra Kukar FC, di mana suporter Persib Bandung terbukti melakukan pelemparan kemasan air mineral ke dalam lapangan dan diperkuat dengan bukti-bukti yang cukup untuk menengaskan terjadinya pelanggaran disiplin," bunyi surat Komdis PSSI terhadap Persib dinukil dari laman klub.

Ini merupakan hukuman yang kedua kalinya untuk Persib dalam kurun waktu seminggu. Sebelumnya, Komdis PSSI juga telah menjatuhkan sanksi kepada Pangeran Biru buntut dari perilaku Bobotoh saat melawan PS Tira pada 26 Maret 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Rp 145 Juta

Dalam tiga pekan penyelenggaraan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, Persib total harus membayar denda sebanyak Rp 145 juta. Rinciannya, Rp 100 juta waktu melawan PS Tira, dan Rp 45 juta ketika menjamu Mitra Kukar.

Saat melawan PS Tira, Bobotoh terbukti menyalakan benda terlarang di dalam stadion yaitu suar dan bom asap. Buntut dari pelanggaran terakhir, Persib terancam hukuman yang lebih berat apabila perilaku terlarang tersebut terulang kembali.

Dalam suratnya, Komdis PSSI juga menyebutkan, Persib tidak diperkenankan mengajukan banding atas hukuman ini. Untuk itu, Bobotoh harus menjaga perilakunya supaya tim kebanggaannya tidak dijatuhkan hukuman yang lebih berat.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persib

Minggu, 18 April 2018

Arema FC Vs Persib Bandung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.