Sukses

AS Roma dan 4 Comeback Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Champions

Berikut ini adalah lima comeback terbaik sepanjang sejarah Liga Champions.

Jakarta - AS Roma membuat kejutan ketika menyingkirkan Barcelona dari perempat final Liga Champions 2017-2018. Kesuksesan I Giallorossi menjadi salah satu comeback terbaik sepanjang kejuaraan itu digelar.

Baca Juga

  • Singkirkan Manchester City, Mohamed Salah Puji Kegigihan Liverpool
  • Permainan Menekan AS Roma Bikin Barcelona Tak Berdaya
  • Manchester City Tersingkir, Guardiola Berikan Pujian kepada Liverpool

Edin Dzeko dan kawan-kawan menatap laga kontra Barcelona dengan modal kurang apik. Mereka takluk 1-4 pada laga leg pertama di Camp Nou satu pekan sebelumnya.

Akan tetapi, bermain di hadapan pendukung sendiri melecut semangat para penggawa AS Roma. Serigala Ibu Kota mengamuk dan menang dengan skor 3-0.

Kemenangan AS Roma ditentukan melalui gol-gol dari Edin Dzeko (6'), Daniele De Rossi (58'), dan Konstantinos Manolas (82'). Skor agregat menjadi 4-4.

Meski begitu, AS Roma lolos berkat agresivitas gol tandang. Gol Dzeko di Camp Nou pada menit ke-80 menjadi penentu kelolosan skuat asuhan Eusebio Di Francesco.

Selain AS Roma, sejumlah kesebelasan mampu melakukan comeback pada fase gugur Liga Champions. Siapa saja kesebelasan tersebut? Berikut ini adalah empat di antaranya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ajax Amsterdam (1995-1996)

Berstatus juara bertahan, Ajax Amsterdam tampil impresif sepanjang perhelatan Liga Champions 1995-1996. Kesebelasan yang saat itu masih ditangani Louis van Gaal melaju ke semifinal tanpa menelan kekalahan.

Akan tetapi, Ajax secara mengejutkan takluk 0-1 dari kesebelasan asal Yunani, Panathinaikos, di Amsterdam Arena pada laga leg pertama. Gol Krzysztof Warzycha tiga menit jelang pertandingan berakhir membungkam para pendukung tim tuan rumah.

Sang juara bertahan berhasil membalikkan keadaan pada pertandingan leg kedua di Olympiako Stadio Athinas Spyros Louis. Ajax lolos ke final berkat dua gol Jari Litmanen dan satu gol Nordin Wooter.

 

3 dari 5 halaman

Deportivo La Coruna (2003-2004)

Deportivo La Coruna membuat kejutan pada ajang Liga Champions 2003-2004. Mereka menyingkirkan Juventus pada babak 16 besar dan PSV Eindhoven di fase grup.

Catatan tersebut membuat Deportivo optimistis ketika menghadapi AC Milan di perempat final. Namun, Super Depor justru takluk 1-4 pada laga leg pertama di San Siro.

AC Milan gantian menelan kekalahan telak, 0-4, ketika bertandang ke Estadio Riazor. Gol-gol dari Walter Pandiani, Juan Carlos Valeron, Albert Luque, dan Fran tidak mampu dibalas sang juara bertahan.

 

4 dari 5 halaman

AS Monaco (2003-2004)

Musim 2003-2004 menghadirkan banyak kejutan di Liga Champions. Selain Deportivo La Coruna, AS Monaco juga memembuat pencinta sepak bola terkejut dengan performanya.

Magis AS Monaco diprediksi berhenti hingga perempat final, ketika diundi menghadapi Real Madrid. Apalagi, mereka takluk 2-4 pada laga leg pertama di Santiago Bernabeu.

Akan tetapi, AS Monaco bangkit ketika bertanding di hadapan pendukung sendiri. Mereka menang 3-1 dan lolos berkat agresivitas gol tandang.

 

5 dari 5 halaman

Barcelona (2016-2017)

Nasib Barcelona di Liga Champions sedikit ironis. Setelah musim lalu melakukan comeback ketika melawan PSG, kini mereka justru menjadi korban AS Roma.

Musim lalu, Barcelona diprediksi tersingkir dari Liga Champions setelah takluk 0-4 dari PSG pada leg pertama 16 besar. Saat itu, dua gol Angel Di Maria serta masing-masing satu gol Julian Draxler dan Edinson Cavani tidak dapat dibalas Blaugrana.

Situasi berbeda terjadi pada laga leg kedua di Camp Nou. Barcelona 'mengamuk' dan melumat PSG dengan skor cukup telak, 6-1, dan lolos ke perempat final.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.