Sukses

AFC Cup: Sempat Unggul 2 Gol, Bali United Terkapar di Kandang Yangon

Peluang Bali United untuk lolos ke fase knock-out AFC Cup 2018 menipis.

Liputan6.com, Yangon - Bali United pulang dari markas Yangon United dengan tangan hampa. Serdadu Tridatu gagal memetik angka setelah kalah 2-3 pada matchday kelima Grup G AFC Cup 2018 di Thuwunna YTC Stadium, Rabu (11/4/2018).

Pemain Yangon Emmanuel Ikhechukwu jadi alasan keterpurukan Bali United. Penyerang asal Nigeria itu menyumbang dua dari tiga gol anak asuh Myo Min Tun. Akibatnya, peluang Bali United melaju ke fase knock-out semakin kecil.

Saat ini Bali United memang masih menempati urutan kedua klasemen Grup G. Namun, selisih mereka dengan Yangon kini terpaut tujuh poin. Dan mereka juga terancam tergusur karena Global dan FLC Thanh Hoa baru akan bermain sore ini. Kedua klub itu sama-sama mengoleksi empat poin, hanya tertinggal satu poin dari Bali United.

Laga belum genap berjalan dua menit, Yangon sudah langsung memberikan ancaman kepada Bali United. Yan Lin Aung melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang masih melenceng di sisi kiri gawang tim tamu.

Di menit kelima, Bali United mendapat hadiah tendangan bebas. Namun, tak ada pemain yang mampu menyambut sepak pojok Fadil Sausu. Dua menit kemudian, Bali United punya kans lewat tendangan bebas. Kali ini, eksekusi Irfan Bachdim hanya menghasilkan sepak pojok usai mengenai pemain Yangon.

Peluang emas didapat Yangon di menit kedelapan. Maung Maung Lwin mendapatkan umpan di dalam kotak penalti dan berdiri dengan bebas. Ironisnya, tendangan kerasnya hanya mengarahkan bola ke sisi kanan jaring gawang Made Wardhana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Gol di Babak I

Di menit ke-11, tim besutan Widodo Cahyono Putro itu sukses membuka keunggulan. Gol tim Serdadu Tridatu itu dicetak Ilija Spasojevic usai meneruskan bola umpan Ricky Fajrin dengan sundulan. Sebelumnya, Fajrin lebih dulu mengecoh Kekere Moukailo sebelum mengirimkan umpan.

Usai kebobolan, tuan rumah mencoba untuk meningkatkan tempo serangan. Mereka mendapat peluang lewat skema sepak pojok di menit ke-21. Tapi, mereka masih belum menemukan celah di antara pertahanan Bali United.

Lagi-lagi Yangon mengancam gawang Bali United di menit kesembilan. Ia melepaskan tendanga keras dari luar kotak penalti yang masih melenceng tipis di sisi kanan tiang gawang Bali United.

Memasuki menit ke-33, Widodo mengambil keputusan yang mengejutkan. Ia menarik Hanis Saghara Putra dan memainkan Stefano Lilipaly. Tampaknya Widodo ingin mengubah skema permainan timnya setelah unggul 1-0.

Tanpa butuh waktu lama, Bali United langsung menggandakan keunggulan di menit ke-36. Proses golnya pun cukup menarik. Diawali dari tendangan kiper Made Wardhana, sundulan Spaso berubah jadi umpan terobosan yang dimaksimalkan Nyoman Sukarja.

Di sisa waktu, Yangon mendapatkan beberapa peluang untuk memperkecil ketertinggalan. Upaya mereka membuahkan hasil di menit ke-45. Adalah Maung Maung Lwin yang mencatatkan namanya di papan skor. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-1 Bali United.

 

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Yangon tampaknya telah menemukan ritme permainannya. Setelah berbagai upaya, mereka pun sukses menyamakan skor di menit ke-58 lewat Emmanuel Ikhechukwu. Hebatnya, Ikhechukwu sempat melewati tiga pemain Bali United sebelum mencetak gol.

Gol kedua Yangon direspon Widodo dengan melakukan pergantian pemain. Nyoman Sukarja ditarik di menit ke-60 dan digantikan Muhammad Taufiq. Sialnya, tim tamu justru nyaris kembali kebobolan. Untungnya, sundulan Ikhechukwu masih melambung di atas gawang.

Yangon terus menekan pertahanan Bali United. Di menit ke-69, Lwin sempat menunjukkan manuver cepat di sisi kiri pertahanan tim tamu. Untung bagi Bali United, umpan silang yang dilepaskan Lwin masih bisa diantisipasi Made Wardhana.

Di menit ke-71, giliran Bali United yang mendapatkan peluang emas. Umpan Spaso dilanjutkan Lilipaly dengan tendangan keras setelah lolos jebakan offside dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih bisa dibendung kiper Yangon, Sann Sat Naing.

Dua menit kemudian, tuan rumah Yangon membalikkan keadaan. Umpan silang mendatar yang dilepaskan Lwin dimaksimalkan Ikhechukwu dengan mudah. Enggan pulang tanpa hasil, Bali United pun meningkatkan intensitas serangan di sisa waktu. Demerson pun nyaris mencetak gol lewat skema tendangan bebas Lilipaly di menit ke-83.

Serangan balik Yangon begitu berbahaya di menit ke-84. Untungnya, umpan tarik yang dilepaskan Maung Lwin tak sampai ke kaki Kyi Lin. Selanjutnya, tekanan bertubi-tubi dilancarkan Bali United. Namun, keunggulan 3-2 Yangon tak berubah hingga laga bubar.

Susunan Pemain

Yangon United: Sann Sat Naing; Thein Zaw, Nan Wai Min (Kyaw Htoo 90+5), Kekere Moukailou, Kousuke Uchida, Yan Lin Aung, Kyaw Zin Oo, Min Kyaw Khant (Kyi Lin 77), Maung Maung Lwin, Sekou Sylla, Emmanuel Ikhechukwu (Yan Aung Kyaw 90+2)

Bali United: Made Wardhana; Demerson, Dimas Angga Putra, Ahn Byung-Gun, Ricky Fajrin, Fadil Sausu, Gede Sukadana (Yandi Sofyan 73), Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic, Nyoman Sukarja (Muhammad Taufiq 61), Hanis Saghara Putra (Stefano Lilipaly 33)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.