Sukses

Misano Bangun Taman untuk Mengenang Nicky Hayden

Nicky Hayden alami kecelakaan dan tewas saat bersepeda di Misano Mei tahun lalu.

Liputan6.com, Misano - Pemerintah Kota Misano akan membangun taman memorial untuk mengenang mendiang Nicky Hayden yang meninggal dunia pada 22 Mei 2017. Rencananya pembangunan 'Taman Nicky Hayden' bakal rampung bertepatan dengan peringatan satu tahun meninggalnya sang legenda balap asal Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Mundo Deportivo, Selasa (3/4/2018), Denis Pazzaglini, mantan mekanik Nicky Hayden di Repsol Honda bersama sejumlah pembalap termasuk Dani Pedrosa berkumpul di persimpangan jalan Ca 'Raffaelli dan Tavoleto atau tepat lokasi kecelakaan yang merenggut nyawa Hayden untuk mengenang mantan juara dunia MotoGP 2006 itu.

Pazzaglini dan Pedrosa merasa bersyukur lantaran pemerintah Misano memberikan sepetak tanah secara gratis dan menanggung seluruh biaya untuk pembangunan memorial tersebut.

“Instalasi akan diberi nama “Taman Nicky Hayden." Pembalap muda Amerika Serikat itu adalah titik referensi di Misano. Denis Pazzaglini, mekaniknya semasa membalap MotoGP, merupakan teman baiknya.

Dan beberapa jam sebelum kecelakaan, mereka bersepeda bersama di jalanan kota Misano," jelas Walikota Misano, Stefano Giannini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Takdir Nicky

Misano memang merupakan kota yang banyak memberikan kenangan buat mendiang Hayden. Dia sering berolahraga sepeda di sana bersama Pazzaglini. Bahkan, beberapa jam sebelum kecelakaan itu, dia sempat bersepeda bersama sang mekanik.

Kebiasaan itu sering dilakukan Hayden semasa hidupnya hanya untuk menjaga kebugaran. Tapi takdir berkata lain, tepat 22 Mei tahun lalu, Hayden mengalami kecelakaan usai ditabrak seorang turis.

Meski sempat mendapatkan perawatan medis di salah satu rumah sakit di Rimini, nyawanya tak tertolong lantaran luka parah yang dideritanya.

3 dari 3 halaman

Helm dari Rossi

Valentino Rossi memberikan helm spesial yang kerap digunakan pada balapan di Mugello, Italia, kepada keluarga mendiang Nicky Hayden. Hal itu terungkap dari akun jejaring media sosial Twitter milik adik Hayden, Roger (@rogerhayden95).

Rossi memang dikenal memiliki tradisi unik selama menjalani balapan di kampung halaman. Saat balapan di Mugello, Juni lalu, The Doctor sengaja meminta kepada Aldo Drudi selaku orang yang mendesain helmnya tersebut untuk menggabungkan dua tema besar yakni sepak bola dan angka 469.

ni sebagai bentuk penghormatan kepada Francesco Totti dan mendiang Nicky Hayden. Pada bagian atas helm tergambar Rossi sedang bermain sepak bola dengan mengenakan nomor punggung 46.

Sementara itu, angka 469 yang terletak di sisi kanan dan kiri bagian depan diartikan dari gabungan nomor resmi Rossi (46) dan nomor resmi Hayden (69). Itu merupakan bentuk penghormatan Rossi kepada sahabatnya yang meninggal dunia pada 22 Mei 2017. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.