Sukses

Ancelotti Kembali Sanjung Kinerja Pelatih AC Milan

Penampilan AC Milan membaik bersama Gattuso.

Liputan6.com, Milan - Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso kembali mendapat sanjungan dari mantan pelatihnya saat masih aktif bermain, Carlo Ancelotti. Ancelotti mengaku tak pernah meragukan kemampuan Gattuso.

Penunjukan Gattuso sebagai pelatih AC Milan mulai berdampak positif sejak penghujung tahun 2017. Diawali dengan kemenangan atas Inter Milan (1-0) di perempat final Coppa Italia, 28 Desember lalu, I Rossoneri selanjutnya selalu menang dalam tiga laga terakhir di Serie A. Di pertandingan terakhir, mereka membungkam Lazio 2-1 di San Siro.

“Hebat, Rino (sapaan Gattuso). Saya senang untuknya,” ucap Ancelotti kepada Corriere dello Sport.

“Saya tak pernah ragu bahwa dia bisa menularkan jiwanya, karakternya, dan determinasinya kepada para pemain. Tentunya, jika saya di posisi mereka saya akan hati-hati untuk tidak mengambil langkah mundur dengannya,” Ancelotti menjelaskan.

Gattuso ditunjuk sebagai pelatih AC Milan sejak 27 November 2017, menggantikan Vincenzo Montella yang dianggap gagal. Dalam satu bulan pertama di bawah asuhan Gattuso, AC Milan masih tetap compang-camping. Mereka hanya mampu bermain imbang lawan tim macam Benevento (2-2), serta kalah oleh Rijeka (0-2), Atalanta (0-2), AS Roma (0-2), dan Verona (0-3).

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baru Genap 40 Tahun

Sebagai pelatih, Gattuso memang tergolong sangat muda. Ia memulai karier kepelatihannya sejak usia 35 tahun bersama klub Swiss, FC Sion sebagai pelatih pemain selama satu bulan (Februari 2013-Maret 2013).

Selanjutnya, berturut-turut ia melatih Palermo, OFI Crete, AC Pisa, dan Milan U-19. Kecuali di AC Pisa, semuanya tak ada yang bertahan lebih dari enam bulan.

Pada 9 Januari lalu, Gattuso baru genap berusia 40 tahun. Bisa dibilang, performa AC Milan semakin membaik seiring dengan pertambahan usianya itu.

3 dari 3 halaman

Dipuji Pemain

Selain Ancelotti, Gattuso juga mendapatkan pujian dari salah satu pemain andalannya, Hakan Calhanoglu. Gelandang internasional Turki itu mengaku bermain lebih baik di bawah asuhan Gattuso ketimbang Montella.

“Sekarang saya sangat senang karena saya menemukan seorang pelatih yang memberikan saya kepercayaan diri yang besar. Dia banyak bicara pada saya dan membantu saya mengerahkan kemampuan terbaik,” ujar Calhanoglu.

Calhanoglu merupakan satu dari sebelas rekrutan anyar AC Milan sebelum musim ini bergulir. Ia direkrut dari Bayer Leverkusen dengan banderol 22 juta euro dan dikontrak hingga Juni 2021.

“Sebetulnya saya tidak punya kekuatan untuk menunjukkan kualitas saya. Tapi sekarang karena ada Rino di sini saya bisa kembali ke level permainan terbaik saya. Sejak Gattuso datang saya menemukan ruang dan formasi yang tepat. Saya merasa sangat baik bermain bersama Jack (Bonaventura) dan kami saling mengerti di lapangan,” katanya. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.