Sukses

5 Pemain Barcelona yang Berkembang Pesat Bersama Valverde

Liputan6.com, Barcelona - Penunjukan Ernesto Valverde sebagai pelatih pada awal musim ternyata berdampak baik dan keputusan brilian bagi Barcelona. Mereka melesat bak roket dan seakan tak terhentikan musim ini.

Kepergian Neymar Jr sejatinya membuat banyak pihak memprediksi kalau Barcelona akan tampil buruk. Sebab, pemain Brasil tersebut diakui merupakan sosok vital bersama Lionel Messi beberapa musim terakhir.

Akan tetapi, bersama sang pelatih bertangan dingin, Valverde, mereka justru memukul balik semua pengkritik dan tampil menggila musim ini.

Unggul 11 poin dari peringkat kedua, Atletico Madrid, Barcelona tak terkalahkan di La Liga. Mereka juga berhasil lolos ke semifinal Copa del Rey, dan tanding kontra Chelsea di babak 16-besar membuat musim Barcelona luar biasa sejauh ini.

Hal itu dilatari oleh penampilan meningkatnya beberapa pemain. Mereka tampil bak kesetanan di bawah tangan dingin Valverde.

Berikut 5 pemain Barcelona yang berkembang pesat bersama Valverde dikutip Sportskeeda:

1 dari 6 halaman

5. Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen (AFP/Glyn Kirk)

Vermaelen sebenarnya merupakan salah satu pemain yang terlupakan di Barcelona. Ini adalah bukti betapa buruk kariernya dipengaruhi oleh cedera dan baru bermain 28 kali sejak bergabung dengan Blaugrana dari Arsenal pada 2014.

Bek tengah itu diberi kesempatan hidup baru sejak Valverde mengambil alih. Dia telah bermain bersama Gerard Pique dan dalam 8 pertandingan La Liga, dia hampir sempurna dalam tugasnya di lini belakang.

Dalam absennya Samuel Umtiti, dia tampil cemerlang dengan berhasil mencetak rata-rata akurasi tekel capai 93% dan menciptakan 3 peluang. Jelas itu bisa jadi bukti betapa pentingnya dia akhir-akhir ini.

 

2 dari 6 halaman

4. Andre Gomes

Andre Gomes (AFP/Lluis Gene)

Di bawah Luis Enrique, Gomes adalah sosok yang mendapat cemoohan di Nou Camp karena dianggap tak pantas gantikan pemain tengah seperti Xavi, dan Andreas Iniesta. Dia juga dianggap acap kurang percaya diri di lapangan/

Gomes juga sering digunakan dalam berbagai posisi yang tidak sesuai dengan keahlian spesifiknya. Namun kini dia justru gemilang di bawah Valverde yang cerdik dan bermain dalam peran lini tengah yang disukainya.

Dia menunjukkan ketenangannya, melaju dari lini tengah dan atur permainan secara cerdas yang menjadi ciri khasnya. Jelas kini dia menjadi pujaan bagi para pendukung Barcelona.

 

3 dari 6 halaman

3. Samuel Umtiti

Samuel Umtiti  (AFP/Jose Jordan)

Reaksi fans Barcelona terhadap cedera Umtiti dalam hasil imbang 2-2 lawan Celta Vigo pada 2 Desember 2017 menceritakan tentang pemain yang sangat berarti bagi para penggemar. Ya memang faktanya sepertiitu.

Padahal pemain asal Prancis itu tak terlalu berguna bersama Luis Enrique dan penampilannya cuma rata-rata. Namun, pemain berusia 24 tahun itu seperti rekrutan baru musim ini dan dianggap sebagai bek tengah terbaik di Eropa.

Sampai Umtiti cedera, Barcelona hanya kebobolan 4 gol di semua kompetisi. Pertandingan Copa del Rey melawan Espanyol diharapkan bagi dia bisa mendapatkan kembali bentuknya sesegera mungkin.

 

4 dari 6 halaman

2. Jordi Alba

 Jordi Alba (AFP/Jose Jordan)

Musim lalu adalah tahun yang buruk bagi lulusan La Masia ini. Alba seringkali diejek sebagai pemain belakang cepat tapi tanpa otak yang hanya tahu bagaimana berlari cepat.

Dia akhirnya membuat Enrique membeli Lucas Digne yang justru tak jauh berbeda. Setelah kedatangan manajer baru Valverde yang mengubah formasi untuk memastikan tim memiliki keseimbangan, berbuah manis buat Alba.

Dengan 3 gelandang sentral, Alba seperti seorang pria yang terlahir kembali saat dapat berpacu maju dan membantu penyerangan. Dia akan menjadi kunci dalam kesuksesan Barca dan juga bagi La Furia Roja di Rusia 2018.

 

5 dari 6 halaman

1. Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen (AFP/Lluis Gene)

Tanpa diragukan lagi, Ter Stegen telah menjadi salah satu kiper terbaik di dunia dengan penampilan sensasionalmya musim ini. Jika Manuel Neuer tidak pulih pada waktunya, Joachim Loew diprediksi akan memanggil mantan kiper Borussia Moenchengladbach itu.

Ter Stegen selalu dianggap sebagai kiper papan atas namun di bawah Valverde, pengambilan keputusan dan distribusinya telah meningkat drastis. Kehadirannya sangat penting untuk membantu tim melalui beberapa pertandingan pertama era Valverde.

Refleks dan komandonya yang luar biasa dari wilayah sasarannya juga meningkat di bawah pengawasan Valverde. Dia kini telah menjadi faktor utama pertahanan kokoh El Barca musim ini.

Eka Setiawan

Artikel Selanjutnya
Valverde Sebut Barcelona Tak Butuh Iniesta Baru
Artikel Selanjutnya
Piala Dunia: Morata Disebut Tidak Masuk Skuat Timnas Spanyol