Sukses

Piala Presiden: Bali United Jinakkan Persija

Bali United menang 3-2 atas Persija pada laga pamungkas Grup D Piala Presiden 2018.

Liputan6.com, Gianyar - Bali United mengalahkan Persija Jakarta pada laga pamungkas Grup D Piala Presiden 2018. Serdadu Tridatu menang tipis 3-2 atas Macan Kemayoran di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (29/1/2018) malam WIB.

Dengan hasil ini, Bali United finis sebagai pemuncak klasemen dengan poin 9 hasil tiga laga. Sedangkan Persija harus puas di peringkat kedua dengan poin 6.

Melawan Persija, Bali United menurunkan skuat yang berbeda. Jika pada dua laga sebelumnya para pemain muda yang tampil, kini skuat utama yang dimainkan, seperti Stefano Lilipaly, Kevin Brands, Yabes Roni, dan Ilija Spasojevic.

Sebaliknya, pelatih Persija Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues justru merotasi pemainnya. Dia mencadangkan Marko Simic, yang sudah mencetak tiga gol di Piala Presiden.

Tampil dengan skuat terbaiknya, Bali United unggul cepat saat laga baru berumur sembilan. Memanfaatkan bola liar, Spasojevic melepaskan tendangan mendatar ke pojok kanan gawang yang tak bisa dihalau kiper M Rizky.

Unggul 1-0, Bali United semakin bersemangat melancarkan serangan. Di menit ke-25, Kevin Brands menggandakan keunggulan tuan rumah lewat eksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan setelah Ismed Sofyan menjatuhkan Spaso di kotak terlarang.

Tertinggal dua gol, Persija meningkatkan tempo permainan. Di menit 29, Persija nyaris mencetak gol andai saja tendangan bebas Ismed Sofyan tidak bisa ditangkap kiper Bali United Wawan Hendrawan.

Persija kembali mendapat peluang mencetak gol lewat tendangan bebas di menit 36. Tapi, tendangan bebas Ivan Carlos masih terlalu diamankan kiper Wawan.

Semenit kemudian, Lilipaly menjebol gawang Persija. Tapi, gol itu dianulir wasit karena gelandang serang naturalisasi ini sudah tertangkap offside saat menerima umpan Spaso. Hingga turun minum, skor tak berubah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Foto tim Persija Jakarta melawan Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (24/1/2018). (Dok: Media Persija)

Memasuki babak kedua, pertandingan diguyur hujan deras. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat kedua tim untuk tetap bermain menyerang.

Delapan menit paruh kedua berjalang, Bali United menambah keunggulan melalui tendangan penalti Lilipaly. Skor 3-0. Namun di menit ke-56, gantian Persija yang mendapat hadiah penalti menyusul hand ball pemain Bali United.

Ivan Carlos yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya. Skor berubah 3-1. Semenit berselang, Kevin kembali menjebol gawang Persija memanfaatkan kemelut yang dibuat Lilipaly. Tapi, gol itu dianulir wasit karena Kevin sudah tertangkap offside.

Persija terus berupaya memperkecil. Tendangan Fitra Ridwan dari luar kotak penalti pada menit ke-61 masih melayang tipis di atas gawang Bali United.

Gol kedua Macan Kemayoran akhirnya tercipta di menit di menit ke-66. Tendangan bebas Jaimerson Da Silva meluncur deras masuk ke gawang Bali United tanpa bisa ditepis kiper Wawan. Skor 3-2.

Usai water break, pelatih Persija Teco memainkan Marko Simic. Namun, upaya untuk mencetak gol penyeimbang gagal hingga laga usai. Bali United pun menang.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Bali United: Wawan H; Fadil Sausu, Agus Nova, Ricky Fajrin, I Made Andhika, Demerson, Nick V. De Velden, Kevin Brands, Yabes Roni, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic.

Cadangan: Putu Pager, Dias Anggga, I Gede Sukadana, Taufiq, Ahmad Agung, Hanis Sagara, I Nyoman Sukarja

Persija Jakarta: M. Rizky Darmawan, Jaimerson Da Silva, Ismed Sofyan, Gunawan Dwi Cahyo, Rezaldi Hehanussa, Fitra Ridwan, Rohit Chand, Asri Akbar, Bambang Pamungkas, Riko Simanjuntak, Ivan Carlos

Cadangan: Daryono, Maman, Septinus, Arthur Bonai, Nugroho, Yan Pieter, Marko Simic

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.