Sukses

7 Klub yang Telah Lolos ke 8 Besar Piala Presiden

Sebanyak tujuh klub telah memastikan melaju ke babak delapan besar Piala Presiden 2018

Liputan6.com, Jakarta - Babak penyisihan grup Piala Presiden 2018 hampir berakhir. Secara matematis, tujuh klub telah memastikan lolos ke babak delapan besar.

Fase perempat final Piala Presiden bakal diikuti delapan klub. Dengan formula, lima juara grup dan tiga runner up terbaik berhak atas tiket lolos ke babak selanjutnya.

Dari Grup A, Sriwijaya FC dan PSMS Medan menjadi dua tim yang melaju ke babak delapan besar. Kedua klub sama-sama memiliki nilai 6. Namun, Sriwijaya FC unggul produktivitas gol sehingga menjadi juara grup.

Selanjutnya, Mitra Kukar menjadi satu-satunya peserta di Grup B yang melangkah ke delapan besar Piala Presiden dengan 9 angka. Torehan 4 poin Barito Putera sebagai penghuni posisi kedua masih kalah dengan perolehan poin tiga runner up terbaik lainnya.

Di Grup C, Persebaya Surabaya (7 poin) dan Madura (6 poin) juga lolos ke fase berikutnya. Adapun di Grup D, 6 poin yang diraih Persija Jakarta dan Bali United sudah cukup membawa keduanya ke babak delapan besar.

Grup D masih menyisakan satu pertandingan terakhir. Tapi, apapun hasilnya, tidak mempengaruhi kepastian kedua klub tersebut lolos ke babak delapan besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Menyusul?

	Foto tim para pemainBhayangkara FC dalam laga persahabatan melawan FC Tokyo di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta pada Sabtu (27/1/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Selain Grup B, Grup E juga hanya akan mewakilkan satu tim di babak delapan besar. Satu slot tersebut bakal diperebutkan oleh Arema FC serta Bhayangkara FC yang sama-sama memiliki 4 poin dan Persela Lamongan dengan 2 angka.

Runner up di grup ini tidak akan lolos ke babak berikutnya. Sebab, tim peringkat kedua tidak dapat menyamai poin 6 yang dimiliki tiga runner up terbaik yaitu PSMS, Madura United, dan Persija/Bali United. 

 

3 dari 4 halaman

Arema Unggul

Pemain Arema FC rayakan gol ke gawang PSIS Semarang pada Grup E Piala Presiden 2018. (Liputan6.com/Rana Adwa)

Saat ini, Arema FC mengungguli Bhayangkara FC di tabel klasemen sementara karena unggul selisih gol. Arema FC harus menang supaya melaju ke babak delapan besar sehingga koleksi poin bertambah menjadi 7.

Dengan menyisakan satu pertandingan, Bhayangkara FC juga wajib meraup tripoin dari Arema FC demi menjauh dari kejaran Persela.

Jika duel Bhayangkara FC dan Arema FC berakhir seri, lalu Persela dapat menang minimal tiga gol melawan PSIS, maka Persela yang akan lolos sebagai pimpinan Grup E karena unggul selisih gol dari kedua klub tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Undian 8 Besar

Drawing babak delapan besar Piala Presiden bakal digelar pada Rabu (31/1/2018), di Hotel Sultan, Jakarta. Rencana ini diungkapkan oleh Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait.

Adapun, Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, telah ditunjuk sebagai venue fase perempatfinal. Babak delapan besar akan bergulir pada 3-4 Februari 2018 dengan menggunakan sistem gugur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.