Sukses

7 Fakta Mengenai Kazuyoshi Miura

Yokohama - Kazuyoshi Miura menandatangani kontrak baru bersama Yokohama FC pada Rabu (10/1/2018). Dia telah berusia 50 tahun dan menjadi pesepak bola profesional tertua dunia.

"Saya selalu bermain dengan hati dan berharap bisa terus berkembang sebagai pemain," kata Miura kepada Kantor Berita Kyodo.

Miura tercatat sebagai pesepak bola profesional tertua yang masih aktif hingga saat ini. Dia mengawali karier bersama Santos pada 1986.

Setelah itu, Miura sempat merasakan berkarier di berbagai negara, seperti Kroasia, Italia, dan Australia. Pada 2005, Miura secara rutin meneruskan karier di Yokohama FC.

Di level internasional, Miura merasakan 89 kali pertandingan dan mencetak 55 gol untuk tim nasional Jepang. Dia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak kedua timnas Jepang, setelah Kunishige Kamamoto (80 gol).

1 dari 2 halaman

Fakta-Fakta Kazuyoshi Miura

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai Kazuyoshi Miura:

1. Pada usia 15 tahun (1982), Miura meninggalkan Jepang menuju ke Brasil untuk mewujudkan mimpi menjadi pesepak bola. Dia menandatangani kontrak di Santos dan menjadi pemain profesional pada 1986.

2. Pada tahun yang sama, Miura pindah dari Santos ke Palmeiras. Rekannya di Palmeiras, Mirandinha, menjadi pemain Brasil pertama yang berkiprah di Inggris, setelah dibeli Newcastle United pada 1987.

3. Miura menjadi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak kompetisi pertama J-League pada 1993.

4. Miura menjadi pemain Jepang pertama yang mendapat penghargaan Pemain Terbaik Asia pada 1993.

5. Miura menjalani debut bersama timnas Jepang pada 1990. Delapan tahun kemudian, Miura mencetak 14 gol pada kualifikasi untuk membawa Jepang lolos kali pertama ke Piala Dunia 1998.

6. Miura bermain di Eropa bersama Genoa (Italia) dan Dinamo Zagreb (Kroasia).

7. Pada 2005, Miura yang berusia 38 tahun mulai bergabung dengan Yokohama FC. Hingga kini, dia telah bermain lebih dari 200 pertandingan untuk klubnya itu.

Sumber: BBC

Sumber: bola.com