Sukses

Ini Alasan Gaizka Mendieta Tidak Pernah Bela Athletic Bilbao

Gaizka Mendieta sebenarnya berpeluang besar bergabung dengan Athletic Bilbao.

Jakarta - Mantan penggawa Barcelona, Gaizka Mendieta, mengaku tidak pernah bermain untuk Athletic Bilbao karena sang ayah. Padahal, Mendieta merupakan putra asli Basque, wilayah asal Athletic Bilbao.

Baca Juga

  • Gaizka Mendieta Anggap Serie A Sebagai Liga Tersulit di Eropa
  • Gaizka Mendieta Ungkap Pelatih Paling Berjasa dalam Kariernya
  • Mendieta: Tekanan Suporter Pengaruhi Performa Real Madrid

Athletic Bilbao merupakan klub yang punya kebijakan hanya memakai jasa pemain-pemain asal Basque. Tradisi itu membuat banyak pihak heran Mendieta yang lahir di Bilbao tidak pernah memperkuat Los Leones.

Menurut Mendieta, hal itu dipengaruhi keputusan sang ayah, Andres Mendieta. Ketika Mendieta masih kecil, Andres memutuskan untuk pergi dari Bilbao dan mengadu nasib di Real Madrid.

"Saya tidak bermain di Athletic Bilbao karena ayah saya. Ketika saya masih kecil, dia memutuskan untuk pindah ke Real Madrid. Hal itu membuat saya tidak mengenyam ilmu di Athletic Bilbao," kenang Mendieta kepada Bola.com.

Selain karena sang ayah, banyak hal membuat Mendieta tidak pernah membela Los Leholak. Hal itu membuat pria berusia 43 tahun tersebut menyisakan penyesalan.

"Selain itu, saya tidak punya kesempatan bermain di sana karena Valencia. Mereka tidak mau melepas saya ke pesaing langsung. Selain itu, mereka tidak punya dana untuk mendatangkan saya," kata Mendieta.

"Tidak pernah ada kesempatan untuk memperkuat Athletic Bilbao. Ketika di Italia, saya hampir bergabung ke sana karena sempat berbicara dengan direktur olahraga. Lazio juga tidak mau melepas saya. Tidak bermain untuk Athletic Bilbao adalah salah satu penyesalan dalam karier saya," eks Barcelona itu melanjutkan.

Gaizka Mendieta menutup karier di Inggris bersama Middlesbrough pada akhir musim 2007-2008. Setelah pensiun sebagai pesepak bola, Mendieta menjadi duta La Liga dan DJ.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.