Sukses

Pembalap MotoGP Antisipasi Kursi Kosong Repsol Honda pada 2019

Honda terancam kehilangan dua pembalapnya pada MotoGP 2019.

Liputan6.com, Bologna - Periode tenang kompetisi MotoGP segera berakhir. Para pembalap kuda besi bakal kembali beraksi dengan mengikuti tiga tes pada awal 2018.

Pengujian jelang MotoGP 2018 itu pertama berlangsung di Malaysia pada 28-30 Januari. Selanjutnya tes digelar di Thailand (16-18 Februari) dan Qatar (1-3 Maret).

Kiprah para pembalap itu patut ditunggu karena ada beberapa muka baru yang berpartisipasi setelah naik kelas dari Moto 2.

Terlepas bagaimana persaingan yang akan terjadi, ada satu hal yang menyedot perhatian penikmat MotoGP, yakni mengenai masa bakti pembalap yang akan berakhir pada tahun depan.

"Ini akan menjadi pasar yang memusingkan dengan begitu banyak kontrak untuk diperbarui. Posisi Marc Marquez jadi perhatian. Ada kemungkinan dia ingin memenangi gelar dengan produsen lain," ungkap pengamat MotoGP, Carlo Pernat dikutip GPOne.

"Saya tidak mengatakan Marquez pasti pindah. Tapi dia pasti memikirkan opsi itu, meski melakukannya tidak akan mudah mengingat dirinya lama di Honda," sambung Pernat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Berantai

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo tampil sebagai yang tercepat pada FP2 MotoGP Valencia 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo, Jumat (10/11/2017). (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Marquez merupakan salah satu yang sering diberitakan mengenai masa depannya. Meskipun belum diketahui apakah juara dunia MotoGP 2017 akan berganti tim, ada kemungkinan Baby Alien akan mendapatkan tawaran yang sulit untuk ditolak.

Jika Marquez benar-benar pindah, hal itu akan menciptakan reaksi berantai, seperti saat Jorge Lorenzo meninggalkan Yamaha untuk Ducati. "Semua orang berpikir KTM, jika motornya bekerja dengan baik, Marquez mungkin akan mendapat penawaran yang tidak dapat ditolak," jelas Pernat.

"Jika Marquez memutuskan pindah, itu akan menciptakan reaksi berantai. Akan ada beberapa perubahan besar dan perburuan para pembalap papan atas. Pedrosa juga mungkin hengkang sehingga kursi Honda benar-benar lowong," pungkasnya. (David Permana)

3 dari 3 halaman

Komposisi Tim 2018

Repsol Honda

Marc Marquez

Dani Pedrosa

 

Movistar Yamaha

Valentino Rossi

Maverick Vinales

 

Ducati

Jorge Lorenzo

Andrea Dovizioso

 

Suzuki

Andrea Iannone

Alex Rins

 

KTM

Bradley Smith

Pol Espargaro

 

Monster Yamaha Tech 3

Jonas Folger

Johann Zarco

 

Pramac Ducati

Jack Miller

Danillo Pettrucci

 

Aspar Ducati

Karel Abraham

Alvaro Bautista

 

Avintia Ducati

Tito Rabat

Xavier Simeon

 

Aprillia Gresini

Aleix Espargaro

Scott Redding

 

Marc VDS Honda

Thomas Luthi

Franco Morbidelli

 

LCR Honda

Cal Crutchlow

Takaaki Nakagami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.