Sukses

3 Calon Pelatih Persib Bandung Musim Depan

Liputan6.com, Bandung - Penampilan Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2017 jauh dari ekspektasi. Perubahan mesti dilakukan agar musim depan tidak bernasib serupa.

Tim berjulukan Maung Bandung menempati posisi ke-11 klasemen sementara Liga 1 dengan mengoleksi 41 poin dari 31 laga. Padahal, di awal musim, Persib sempat disebut-sebut calon kuat juara Liga 1 2017.

Meski sudah memecat pelatih Djadjang Nurdjaman, permainan Persib tak kunjung membaik. Bahkan, Hariono dan kawan-kawan sempat delapan laga beruntun tanpa kemenangan.

Emral Abus yang ditunjuk sebagai pengganti Djadjang Nurdjaman juga tak mampu membawa Persib meningkat. Persib perlu mencari pelatih baru untuk mengarungi musim depan.

Sejumlah nama pelatih belakang sudah dikaitkan untuk menukangi Maung Bandung. Berikut daftar calon pelatih Persib musim depan versi Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

1. Rahmad Darmawan

Di sepak bola nasional, kiprah Rahmad Darmawan menjulang dengan sejumlah prestasi. Pelatih yang akrab disapa RD ini sukses mengangkat trofi bersama Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC.

RD juga pernah menukangi Persija Jakarta dan Arema dan torehannya tak buruk. Terakhir, pelatih berusia 50 tahun itu juga mengakui ada komunikasi yang terjalin dengan Persib.

Namun, RD masih terikat kontrak hingga 2018 sebagai pelatih klub Malaysia, T-Team. Persib perlu menunggu sikap T-Team apakah akan mempertahankan RD atau melepasnya.

3 dari 4 halaman

2. Alfred Riedl

Alfred Riedl mengenal sepak bola Indonesia dengan baik. Dia tiga periode menangani Timnas Indonesia yakni di Piala AFF 2010, 2014, dan 2016.

Pelatih asal Austria belum lama ini sempat mengatakan akan kembali ke Indonesia untuk melatih. Persib disebut- sebut sebagai klub yang akan dituju Riedl.

Belum pastinya pelatih Persib musim depan menguatkan rumor Riedl jadi kandidat. Riedl sempat menangani PSM Makassar pada 2015, tapi ia mengalami masalah kesehatan kala itu dan kompetisi dihentikan karena konflik.

4 dari 4 halaman

3. Robert Rene Alberts

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, sudah sejak lama dikaitkan dengan Persib Bandung. Namun, kesempatan melatih Persib tidak kunjung datang bagi pelatih asal Belanda ini.

Dengan lowongnya kursi pelatih Persib, terbuka bagi Rene Alberts untuk merapat. Namun, dia harus fokus lebih dulu bersaing membawa PSM juara Liga 1 2017.

Rene Alberts juga ingin menjajal melatih Maung Bandung dalam kariernya. Sebelumnya, Rene Alberts pernah membawa Arema juara ISL 2009-2010, sehingga prestasinya itu patut dipertimbangkan untuk menukangi Persib.