Sukses

Davide Rebellin Juara Umum ITdBI 2017

Pada etape keempat ITdBIi, Rebellin hanya menempati peringkat empat

Liputan6.com, Banyuwangi - Pembalap asal Italia, Davide Rebellin, dari tim Kuwait-Cartucho.es, berhasil menjadi juara umum International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017, Sabtu (30/9/2017).

Peringkat kedua lomba ITdBI diraih, Amir Kolahdouzhagh, dari ‎Pishgaman Cycling Team. Sedangkan, Victor Nino Corredor dari Team Sapura Cycling di peringkat ketiga.

Pada etape keempat atau terakhir ini, Rebellin hanya finis diperingkat empat. Namum, dia mampu mempertahankan gelar juara umum (yellow jersey).

"Di etape terakhir, saya hanya berusaha untuk menjaga stamina agar tetap berada dalam rombongan," kata Rebellin, usai balapan.

Di etape keempat, pembalap asal Pishgaman Cycling Team, Iran, Arvin Modazamigodarzi, merebut peringkat pertama dengan catatan waktu, 2:8:17‎. Di peringkat kedua ditempati Marcelo Felipe (‎7Eleven Road Bike, Filipina), dan Selamat Juangga (‎KFC Cycling Team) di peringkat ketiga. Sedangkan Rebellin berada di peringkat keempat.

Meski demikian, hasil etape keempat telah membuat Rebellin menjadi yang terbaik di ITdBI 2017.

Rebellin mengatakan, ITdBI sangat sulit ditalukkan. Terutama di etape ketiga, yang merupakan rute neraka di ITdBI. "Etape ketiga sangat sulit. Banyak tanjakan yang menyulitkan. Yang terpenting dalam kejuaraan ini adalah mengatur stamina," ucap Rebellin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembalap Senior

Sejak etape pertama, Rebellin langsung menguasai klasemen individu. Tidak hanya meraih yellow jersey, pada etape pertama tersebut pembalap gaek berusia 46 tahun itu, juga menyandang jersey polkadot sebagai tanda raja tanjakan, dan green jersey sebagai simbol raja sprinter.

Hasil di etape pertama itulah yang memuluskan jalan Rebellin menjuarai ITdBI tahun ini. "Saya senang bisa juara di Banyuwangi. Tahun berikutnya saya ingin mencobanya lagi," ujar Rebellin.

ITdBI merupakan kejuaraan balap sepeda yang telah digelar enam kali oleh Pemkab Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, ini merupakan cara Banyuwangi untuk menggugah partisipasi rakyat.

"Dari event ini timbul gotong royong dari rakyat. Bagaimana rakyat bahu-membahu menyukseskan acara ini. Mulai dari keamanan yang dijaga TNI/Polri, babinkamtibmas, hingga masyarakat sipil. Belum lagi masyarakat yang ikut bersih-bersih jalan agar saat dilewati pembalap tidak terpelesat. Semua bahu membahu menyukseskan balap sepeda ini," tutur Anas.

Anas mengaku puas dengan penyelenggaraan ITdBI tahun ini. Apalagi banyak hal baru tahun ini.

"Dari sisi penyelenggaraan saya puas, karena banyak hal baru tahun ini. Seperti start di pondok pesantren, kampung cokelat, dan lainnya. Sisi kualitas peserta tahun ini juga lebih baik," ujar Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.