Sukses

4 Fakta Menarik Kepindahan Neymar ke PSG

Neymar resmi menjadi pemain termahal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Tarik ulur seputar masa depan Neymar resmi berakhir pada Kamis (3/7/2017) malam. Ia telah meneken kontrak berdurasi lima tahun bersama Paris Saint-Germain (PSG). Petualangan Neymar bersama Barcelona pun berakhir.

Perjalan Neymar bersama Barcelona ternyata hanya bertahan empat musim. Sebelumnya, pemain asal Brasil itu bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2013 dari Santos. Selama di Camp Nou, ia pun memiliki kontribusi besar.

Selama di Barcelona, ia tampil dalam 186 pertandingan. Kontribusinya berupa 105 laga dan 80 assist. Statistik itu ikut membantu Barcelona memenangkan dua gelar La Liga, tiga Copa del Rey, satu Piala Super Spanyol, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Karenanya, keputusan Barcelona untuk melepas Neymar ke PSG membuat banyak pihak terkejut. Tapi, Barcelona juga sudah memikirkan matang-matang sebelum mengambil keputusan itu. Deretan fakta menarik pun tercipta seiring kepindahan Neymar ke PSG.

Saksikan juga video menarik lainnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pemain Termahal di Dunia

Biaya yang dikeluarkan PSG untuk mendapatkan Neymar dari Barcelona terbilang sangat mahal. Tak tanggung-tanggung, mereka harus merogoh kocek 222 juta euro (Rp 3,5 triliun). Angka itu membuat Neymar resmi menjadi pemain termahal di dunia.

Status Paul Pogba sebagai pemain termahal di dunia kini dikalahkan Neymar. (Action Images via Reuters/John Sibley)

Sebelum Neymar, Manchester United (MU) menjadikan Paul Pogba sebagai pemain termahal di dunia. Kala itu, MU harus memboyong Pogba dari Juventus dengan biaya 105 juta euro (Rp 2,3 triliun).

Artinya, harga Neymar lebih dari dua kali lipat dari harga Pogba. Padahal, kepindahan Pogba ke MU baru terjadi pada musim panas 2016. Selain Pogba, Neymar juga melampaui Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, dan Gonzalo Higuain sebagai pemain termahal di dunia pada era sebelumnya.

3 dari 5 halaman

2. Pemain Brasil Kelima

Kehadiran Neymar membuat PSG kian beraroma Samba. Itu karena Les Parisiens kini memiliki lima pemain Brasil. Kelima pemain tersebut diprediksi akan menjadi starter andalan PSG di musim 2017/2018.

Neymar dan Dani Alves adalah dua pemain Brasil yang baru bergabung dengan PSG. (LLUIS GENE / AFP)

Selain Neymar, empat pemain Brasil yang dimiliki PSG adalah Lucas Moura, Thiago Silva, Dani Alves, dan Marquinhos. Seperti Neymar, Alves juga merupakan pendatang baru setelah memutuskan urung hijrah ke Manchester City.

Besar kemungkinan faktor itu pula yang membuat Neymar memenuhi panggilan PSG. Kini, pelatih Unai Emery tentu harus menemukan formula yang tepat agar kombinasi lima pemain Brasil ini bisa menghasilkan kekuatan menakutkan.

4 dari 5 halaman

3. Kantongi Rp 3 Triliun

Tak hanya Barcelona yang untung besar dari penjualan Neymar. pemain berusia 25 tahun itu juga mengantongi keuntungan besar dari transfer tersebut. Seperti diketahui, kontrak yang diteken Neymar di Parc des Princes berdurasi lima musim.



Tiap musimnya, Neymar mendapatkan upah 30 juta euro (Rp 473,5 miliar). Tak hanya itu, ia juga mendapat jatah dari nilai transfernya sebesar 45 juta euro (710,3 miliar). Secara keseluruhan, Neymar mendapatkan Rp 3,077 triliun dari proses kepindahannya.

Tak heran jika Neymar tak ragu untuk menerima pinangan PSG. Meski turun kasta dari La Liga ke Ligue 1, Neymar akan tetap meraup banyak keuntungan dari kepindahannya.

5 dari 5 halaman

4. Bayang-bayang Messi

Melihat statistik yang ditorehkan Neymar, bisa dipastikan bahwa dirinya adalah salah satu pemain penting yang dimiliki Barcelona. Namun, banyak yang meyakini bahwa Neymar belum mengeluarkan performa terbaiknya selama di Barcelona.

Lionel Messi dan Neymar di Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Satu alasan yang bisa dibilang sebagai penyebab terjadinya hal itu adalah keberadaan Lionel Messi. Sebelum Neymar, sudah banyak pemain yang justru terlihat meredup saat berseragam Barcelona. Contoh terkini adalah Alexis Sanchez dan Zlatan Ibrahimovic.

Saat memperkuat Barcelona, nama Sanchez dan Ibrahimovic tertutup kiprah hebat Messi. Mungkin hal itu pula yang dirasakan Neymar di Barcelona. Maklum, sebelumnya ia terbiasa menjadi pemain yang sangat diandalkan.

Bersama Santos, tak ada rekan setimnya yang mampu mengalahkan kehebatannya. Dan Neymar kini memiliki peluang besar untuk kembali menjadi pemain yang paling bersinar bersama PSG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr

  • Klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    PSG

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Neymar

  • Neymar ke PSG