Sukses

3 Kejutan di Bursa Transfer Musim Panas

Keputusan tiga pemain ini menjadi sesuatu yang mengejutkan bursa transfer musim panas 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah dua pekan bursa transfer musim panas 2017 dibuka. Hingga kini, sudah ada beberapa kesepakatan yang terbilang mengejutkan. Meski belum ada rekor pembelian baru, diyakini kejutan akan terus tercipta hingga bursa transfer ditutup.

Bursa transfer musim panas sebagian besar liga-liga top Eropa sudah dibuka sejak 1 Juli. Kesempatan itu dimanfaatkan banyak tim untuk menambah kekuatan atau membuang pemain yang jasanya tak terlalu dibutuhkan.

Hingga kini, belum ada pemain yang melampaui nilai pembelian Paul Pogba saat direkrut Manchester United (MU) pada musim panas 2016. Kala itu, Setan Merah harus merogoh kocek hingga 105 juta euro (Rp 1,5 triliun).

Meski begitu, tetap banyak keputusan mengejutkan yang terjadi sepanjang dua pekan awal bursa transfer musim panas 2017. Liputan6.com merangkum tiga kesepakatan yang terbilang paling mengejutkan sejauh ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. MU Gaet Lukaku

Lukaku sejatinya bukan striker bidikan utama MU di musim panas ini. Sejak bursa transfer musim panas dibuka, Setan Merah lebih banyak dikaitkan dengan penyerang Real Madrid, Alvaro Morata. MU juga bukan tujuan utama Lukaku. Ia lebih sering dikaitkan dengan Chelsea.

Romelu Lukaku pada sesi latihan pertama bersama Manchester United (MU). (Harry How / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Kepindahan Morata diyakini hanya tinggal menunggu waktu saja. Pasalnya, Madrid dan MU dilaporkan telah menemui kata sepakat soal nilai transfer. Anehnya, justru Lukaku yang diumumkan MU sebagai pemain anyar mereka pada Sabtu (8/7/2017).

Diyakini MU harus merogoh kocek hingga 75 juta pounds (Rp 1,2 triliun) untuk memboyong penyerang asal Belgia itu dari Everton. Ia diikat kontrak berdurasi hingga Juni 2022.

Diharapkan ketajaman Lukaku bisa membuat kepergian Zlatan Ibrahimovic tergantikan. Bersama Everton di musim 2016/2017, pemain berusia 24 tahun itu menyumbang 26 gol dari 39 pertandingan.

3 dari 4 halaman

2. Donnarumma Berubah Pikiran

Galau mungkin kata yang tepat untuk mewakili perasaan kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Awalnya, ia dilaporkan menolak tawaran perpanjangan kontrak yang diajukan I Rossoneri. Kontrak Donnarumma saat itu hanya berlaku hingga Juni 2018.

Penjaga gawang AC Milan asal Italia, Gianluigi Donnarumma. (AFP/Miguel Medina)

Padahal Milan telah melayangkan tawaran yang cukup besar bagi kiper berusia 18 tahun itu. Keputusan menolak perpanjangan kontrak di Milan membuat Donnarumma menjadi sasaran kritik, khususnya dari fans Milan.

Sebagian besar fans Milan menilai Donnarumma sebagai pemain yang mata duitan. Anehnya, Donnarumma membuat kejutan dengan mengubah pikirannya. Selasa (11/7/2017), ia memutuskan untuk meneken kontrak baru di Milan.

Dalam kontrak baru tersebut juga terdapat klausul rilis yang nilainya mencapai 70 juta-75 juta euro. Kontrak anyar itu berdurasi hingga 2021. Usai meneken kontrak baru, Donnarumma meminta maaf karena telah membuat kegaduhan soal masa depannya.

4 dari 4 halaman

3. James Pilih Munchen

Sejatinya, James adalah salah satu pemain paling potensial di era sepak bola modern saat ini. Semua orang mulai mengakui kehebatannya ketika ia dinobatkan menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2014.

James Rodriguez berpose dengan pelatih Bayern Munchen Carlo Ancelotti saat perkenalannya dengan tim barunya Bayern Munchen Jerman, (12/7). Bayern Munchen harus membayar 5 juta euro untuk meminjam James per musim. (AFP Photo/Christof Stache)

Karena alasan itulah Madrid memutuskan untuk merekrutnya dari AS Monaco. Bahkan saat itu Los Blancos harus mengeluarkan biaya hingga 80 juta euro (Rp 1,2 triliun). Sayang, tenaga dan kualitas pemain asal Kolombia itu disia-siakan selama di Santiago Bernabeu.

Itu sebabnya James meminta Madrid untuk menjualnya sejak lama. Klub yang sempat dilaporkan menjadi favorit penampung James adalah MU. Negosiasi antara MU dan Madrid pun sudah berjalan cukup lama.

Anehnya, justru Bayern Munchen yang mendapatkan jasa pemain berusia 26 tahun itu. James akan berkostum Munchen dengan status pinjaman selama dua musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.