Sukses

Piala Konfederasi: Chile yang Fenomenal Pulang Tanpa Trofi

Chile tumbang 0-1 dari Jerman pada final Piala Konfederasi 2017 di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Minggu (3/7/2017).

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Tim Nasional Chile Juan Antonio Pizzi mengaku bangga dengan perjuangan pasukannya di Piala Konfederasi 2017, meskipun pada akhirnya Alexis Sanchez dan kawan-kawan pulang tanpa trofi.

Chile tumbang 0-1 dari Jerman pada final Piala Konfederasi 2017 di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Minggu (3/7/2017) malam waktu setempat.

"Gagasan saya adalah memberi semua energi selama turnamen ini dan saya yakin bahwa jika kami kembali ke rumah tanpa sisa energi, itu berarti kami akan penuh dengan kemuliaan," kata Pizzi seperti dilansir Soccerway.

"Saya kira kami akan membawa trofi tersebut. Kami pulang dengan penuh kemuliaan, tanpa energi yang tersisa, namun sayangnya tanpa piala. Ini adalah pertama kalinya kami memiliki kesempatan untuk bermain di turnamen ini. Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi kami semua, untuk semua pemain. Bahkan bagi para pemain yang cukup berpengalaman di tim kami. Kami semua sangat menghargai pengalaman turnamen ini," ucap Pizzi.

Chile tampil gemilang di turnamen ini. Mereka bahkan sukses menyingkirkan juara Eropa, Portugal di semifinal. 

"Saya pikir seluruh proses yang telah kami ikuti, keseluruhan perkembangan, berarti bahwa kami benar-benar mencapai posisi yang bagus di dunia sepak bola. Kami menyadari bahwa tim lain lebih menghormati kami. Tapi saya bersikeras bahwa kami perlu terus berkembang. Kami harus terus maju," Pizzi menambahkan.

Bagi Jerman, hasil ini membuat Die Mannschaft berhasil meraih gelar perdana di turnamen yang telah berlangsung sejak 1992 tersebut. Sebelumnya, prestasi terbaik Jerman di Piala Konfederasi adalah peringkat ketiga pada 2005.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.