Sukses

Atasi Kesenjangan, UEFA Ingin Batasi Gaji Pemain

UEFA tidak puas dengan peraturan Financial Fair Play (FFP)

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengurangi ketimpangan antara klub kaya dan miskin, UEFA berencana akan membuat aturan baru. Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, berniat untuk menerapkan pembatasan gaji di kompetisi Eropa.

"Kami harus bersiap mengurangi persaingan yang tidak seimbang pada kompetisi antarklub Eropa dan pengaruhnya kepada ajang domestik masing-masing. Saat ini, kesenjangan antar kesebelasan meningkat dengan tidak sehat," ujar Ceferin kepada Mladina.

"Pada masa depan, kami harus mempertimbangkan pembatasan gaji pemain setiap klub. Jika berhasil, kami akan membuat sejarah. Dengan pembatasan gaji, klub-klub akan lebih berpikir tentang kepantasan si pemain," lanjutnya.

Pernyataan Ceferin mengindikasikan UEFA tidak puas dengan peraturan Financial Fair Play (FFP). Beberapa kesebelasan seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain pernah terbukti mengakali FFP.

Gaji besar yang kerap ditawarkan kesebelasan asal Inggris membuat pemain-pemain terbaik dari negara lain menuju ke sana. Hal tersebut disebabkan nilai hak siar Premier League yang lebih besar dari liga-liga lain.

Klub-klub Serie A tidak memiliki hak siar sebaik Premier League. Sementara itu, pajak besar di Spanyol membuat klub-klub di La Liga kerap kalah bersaing dengan tim dari Inggris.

(Artikel asli ditulis Budi Prasetyo/diedit Rizki Hidayat/Bola.com)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.