Sukses

Rossi Kecewa Mulai Balapan dari Barisan Ketiga MotoGP Spanyol

Rossi mengakui gagal melakukan putaran sempurna di kualifikasi MotoGP Spanyol.

Liputan6.com, Jerez - Valentino Rossi tak bisa menahan kekesalannya usai mengetahui dirinya terpaksa memulai balapan dari grid ketiga di MotoGP Spanyol, Minggu (7/5/2017) malam WIB. Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Jerez, kemarin, pembalap Yamaha mencatatkan waktu 1 menit 38.908 detik atau selisih 0.659 detik dari Dani Pedrosa.

"Secara keseluruhan saya tidak begitu buruk. Perasaan pada motor sangat baik dan saya mampu mempertahankan kecepatan dengan baik, meski tidak fantastis," ungkap Rossi seperti dikutip dari La Gazzetta Delllo Sport.

Juara MotoGP sembilan kali ini menambahkan, "Sayangnya, di babak kualifikasi saya tidak mampu melakukan putaran yang sempurna. Sehingga saya berpikir bertahan di posisi di 5 besar tidak mungkin dilakukan."

Di sisi lain, pembalap MotoGP asal Italia ini mengakui jika dirinya tidak senang berada di barisan ketiga. Penyebab kegagalannya adalah ia memiliki masalah saat akan bermanuver.

"Ini sebabnya mengapa pekerjaan yang kami lakukan mulai sekarang sampai balapan dimulai akan menjadi penting, termasuk pemanasan," Rossi melanjutkan.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kondisi cuaca di Jerez. Namun Rossi sudah memperkirakan jika suhu di lintasan 4,4 km bakal naik, dan itu akan menghambat laju kecepatan motor YZR-M1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor Kunci

Faktor kunci kemenangan pada balapan seri Eropa ini adalah pemilihan ban. Pembalap yang dikenal dengan julukan The Doctor ini mengklaim bahwa terkadang semua rider MotoGP lupa bahwa Michelin adalah tuannya.

Valentino Rossi (AP Photo/Eric Guy)

Secara tidak langsung dia pun menyesali pemilihan ban timnya. Namun, Rossi mengaku tetap akan berjuang habis-habisan di MotoGP Spanyol.

"Secara teori, untuk balapan ban keras akan menjadi yang terbaik. Tapi Michelin tidak memperhitungkan kinerja ban pada motor kami. Jadi, kami perlu memanfaatkan sebaik mungkin media itu," ujar Rossi.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0 

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.