Sukses

Prediksi MotoGP Spanyol: Perjuangan Rossi Pertahankan Gelar

Rossi rebut gelar MotoGP Spanyol 2016 setelah start dari dari posisi terdepan.

Liputan6.com, Jerez - Valentino Rossi harus berjuang keras untuk mempertahankan gelar MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017). Keraguan muncul setelah juara dunia sembilan kali di empat kelas berbeda itu tampil kurang mengesankan selama sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Pada balapan seri keempat MotoGP musim ini, Rossi harus memulai balapan dari posisi ketujuh setelah mencatatkan waktu 1 menit 38,908 detik di kualifikasi.

Dia harus mengakui keunggulan tiga pembalap tuan rumah yang mencatat waktu lebih baik, yakni Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan rekan setim Maverick Vinales.

Tentu bukan tugas mudah bagi pembalap non-Spanyol untuk menghentikan keperkasaan joki asal Negeri Matador tersebut. Tapi, label sebagai Sunday Racer masih melekat pada diri Rossi. Modal itulah yang dibawanya saat mengaspal di Sirkuit Jerez.

Namun, sejumlah persoalan membayangi persiapannya. Salah satunya menyangkut pemilihan ban. Hal ini merujuk pada kondisi cuaca yang berubah-ubah. Belum lagi kondisi trek yang dilalui searah dengan jarum jam dan lebih banyak menghadirkan tikungan ke kanan (delapan) dan kiri (lima).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tikungan Keenam

Adapun tingkat kewaspadaan pembalap bakal terasa sesaat sebelum memasuki tikungan keenam atau biasa disebut tikungan tusuk konde. Di sana sering kali terjadi kecelakaan yang menyebabkan banyak pembalap terhenti.

Valentino Rossi (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Rossi pun tak memungkiri kondisi ini. Tapi, kata pembalap asal Italia ini, justru di situlah salah satu tantangan yang harus mereka atasi di MotoGP Spanyol.

"Kami masih harus bekerja, saya tidak merasa nyaman 100 persen. Saya masih memiliki beberapa masalah dengan masuknya tikungan. Kami punya pemanasan, 20 menit untuk mencoba dan memperbaiki, memahami dan membuatnya lebih baik lagi," ujar Rossi.

3 dari 3 halaman

Klasemen Pembalap

1. Valentino Rossi (Movistar Yamaha): 56
2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha): 50
3. Marc Marquez (Repsol Honda): 38
4. Andrea Dovizioso (Ducati): 30
5. Cal Crutchlow (LCR Honda): 29
6. Dani Pedrosa (Repsol Honda): 27
7. Johann Zarco (Yamaha Tech 3): 22
8. Jonas Folger (Yamaha Tech 3): 21
9. Scott Redding (Pramac Racing): 21
10. Jack Miller (Marc VDS): 21
11. Danilo Petrucci (Pramac Racing): 17
12. Alvaro Bautista (Pull&Bear): 14
13. Jorge Lorenzo (Ducati): 12
14. Aleix Espargaro (Aprilia): 10
15. Loris Baz (Avintia): 9
16. Andrea Iannone (Suzuki): 9
17. Hector Barbera (Avintia): 8
18. Karel Abraham (Pull&Bear): 8
19. Tito Rabat (Marc VDS): 8
20. Aleix Rins (Suzuki): 7
21. Pol Espargaro (KTM): 2
22. Bradley Smith (KTM): 1
23. Sam Lowes (Aprilia): 0

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.